Pentingnya Menggosok Gigi Sebelum Tidur

Rajabekam.info :: Agak berbeda, tema kali ini membahas Pentingnya Menggosok Gigi Sebelum Tidur. Agak unik memang, namun penting dipahami. Alasannya apa? Saya sendiri jumpai dalam kehidupan sehari-hari ada teman atau anggota keluarga yang mengeluhkan sakit gigi serta mengeluhkan betapa dia nggak tahan mengalami dentuman nyeri yang terjadi saat giginya yang berlobang itu kemasukan ‘benda asing’. Waduh, kadang saya pengen bisa empati, namun sebenarnya lebih ingin aku memberikan masukan kepada dirinya.

Lah, apa alasannya kog spesifik memberikan ulasan pada tema Pentingnya Menggosok Gigi Sebelum Tidur? ndak pada waktu pagi hari saja, atau saat mandi? Wah, sebenarnya tidak mengarah pada kepentingan sebelum tidur saja, namun kompeherensif penjagaan kebersihan gigi pada umumnya. Sebab, sekalipun sudah menggosok gigi sebelum tidur namun penjagaan gigi lainnya tidak diperhatikan, ya sama saja, ancaman kena sakit gigi tetap saja menguntit kelengahan demi kelengahan anda.

Pentingnya Menggosok Gigi Sebelum Tidur

Kalau aku sendiri, sebenarnya menggosok gigi yang paling penting pada dua waktu. Saat sebelum tidur dan sesaat setelah bangun tidur. Pertimbangan praktisnya, kalau sebelum tidur kita tidak menggosok gigi, wah jelas, gigi kita terancam oleh aneka tumpukan ‘sampah’ yang ada baik disela-sela gigi, maupun melekat pada gigi pada umumnya karena aneka aktifitas penggunaan gigi dari pagi-malam.  Wah, ndak kebayang kalau membiarkan gigi kita dibiarkan dilekati aneka macam ‘sampah itu’ yang berpotensi memanggil datangnya kuman ataupun proses biokimia mulut yang ujung-ujungnya merusak gigi juga gusi.

Kalaulah malam hari tidak kita sikat, bayangkan, kita biarkan gigi kita sekitar 8 jam (kalau tidurnya 8 jam) terpapar oleh aneka serangan kuman, zat sampingan proses biokimia mulut yang bercampur ‘sampah’ sisa kita makan, efek makanan ‘tidak sehat’ lainnya menghancurkan secara lambat namun pasti kebugaran gigi kita. Pikirkan saja kalau proses ini berjalan setiap hari bahkan bertahun-tahun, apakah bukan suatu hal yang wajar kalau tuan pemilik gigi pada sisa umurnya tiap hari dirundung emosi sebab nyeri sakit gigi yang dialami?

Maka sebenarnya, Pentingnya Menggosok Gigi Sebelum Tidur perlu dipahami dalam bentuk mekanisme investasi. Katakanlah gosok gigi sebelum tidur memakan waktu 5 menit. Maka sebenarnya arti waktu lima menit itu adalah

  1. Investasi dari sebelnya ngantri periksa gigi di pusat layanan kesehatan gigi
  2. Invetasi tidur nyenyak bebas nyeri sakit gigi
  3. Invetasi makan enak tanpa pantangan dari pada ngilunya gigi saat sakit gigi terjadi
  4. Investasi hari tua bisa masih memiliki gigi untuk mengigit daging masakan cucu
  5. Investasi emosi diri dari sensitifnya diri ketika kumat gigi berlobangnya
  6. Investasi kesehatan diri sebab terhindar dari konsumsi aneka obat penahan nyeri yang berbahaya bagi tubuh
  7. Investasi sennyum sempurna tanpa terlihat kempot sebab banyak gigi yang dicabut
  8. Investasi upaya preventif dari aneka penyakit gigi, gusi, mulut, dll

Hikmah Wudhu Sebelum Tidur

Selain gosok gigi, lengkapi dengan berwudhu sebelum tidur, sebab ada sunnahnya. Rasulullah SAW bersabda,“Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.).

Hadist lain, disebutkan dalam Shahihain, dari sabahat al-Bara’ bin Azib radliyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda kepadanya,

إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” (HR. Bukahri dan Muslim serta yang lainnya).

Abdul Razak mengeluarkan sebuah atsar dari Mujahid dengan sanad yang kuat, Ibnu Abbas radliyallahu ‘anhuma  berkata,

 

لَا تَبِيتَنَّ إِلَّا عَلَى وُضُوء ، فَإِنَّ الْأَرْوَاح تُبْعَث عَلَى مَا قُبِضَتْ عَلَيْهِ

 

“Janganlah engkau tidur kecuali dalam kondisi berwudlu (suci), karena arwah akan dibangkitkan sesuai dengan kondisi saat dia dicabut.” Subhanallah, keren ya keutamaannya :).

Wahaha,, ternyata banyak juga ya manfaat gosok gigi sebelum tidur. Pemaknaannya juga luas, demikian rugi manakala kita nggak nyempetin 5 menit buat gosok gigi sebelum tidur.  Ya kecuali anda lebih memilih penderitaan sakit gigi dikemudian hari, maka silakanlah investasi penyakit gigi dengan tidur dengan kondisi mulut ‘kotor’.  :).. Kalau saya, lebih suka investasi sehat sekaligus ambil berkah wudhunya… Oke? mulailah mempraktekannya :).

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *