Cara Cermat Makan Kombinasi Buah, Sayur, dan Daging

Rumusan Food Combining merupakan topik menarik yang terus saja saya pelajari sejak kecemplung masuk ke dunia herbal sejak 2005 silam. Apa alasannya? Saya teringat ajaran orang yang dianggap sebagai bapak kedokteran dunia, dia mengatakan, “Let food be thy medicine and medicine by thy food”  (Hypocrites). Maknanya kurang lebih, “jadikan makanan sebagai obat bagimu dan obat sebagai makananmu“.

Food Combining Itu Apa?

Kata-kata obat dalam kalimat itu jelas tidak mungkin di-refer to-kan ke obat-obat kimia sintetis yang belakangan menjadi agen silent killer penduduk dimuka bumi. Namun merujuk pada program yang bernama food combining. Lah Food combining itu sendiri dimaknai sebagai seperangkat pengetahuan mengkombinasikan makanan demi kesehatan manusia baik itu pada tahapan preventif, kuratif, maupun rehabilitatif.

Lalu apakah Food Combining ini merupakan hal baru?

Jelas tidak. Namun aneka penelitian terbaru semakin bisa menyempurnakan wasiat hypocrates yang sebagaimana telah disampaikan diawal tadi. By the way, Aslinya rumusan mengkombinasikan makanan ini pun sudah menjadi tradisi dalam dunia islam. Sebagaimana bisa dibuka pada kitab ulama klasik kita akan menemui adanya panduan mengkonsumsi makanan, bahkan rasulullah sendiri kalau kita ikuti dalam adab makan beliau juga sangat memperhatikan pemilihan makanan.

Seperti apa rumusan Food Combining itu?

Ringkasnya bisa menggunakan panduan chart berikut. Pada chart dikatakan bahwa kita tidak disarankan mengkombinasikan buah dengan makanan yang konten protein, pati, maupun sayuran. Pada Chart Bagian bawah juga dijelaskan mengenai bagaimana mengkombinasikan aneka macam buah agar didapatkan nutrisi yang maksimal juga mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita.

diagram food combining bagi kesehatan berobat dengan makanan

Demikian uraian mengenai salah satu rumusan mengkombinasikan berbagai makanan. Kiranya bisa memberikan informasi yang baik demi kesehatan kita bersama. Sebagai penutup ingat betul pepatah lama bahwa mencegah tetap saja lebih baik daripada mengobati. So, cermat dalam pemilihan mengkombinasikan makanan sejak awal juga sebenarnya investasi sehat yang demikian mahal kalau mau secara tekun mempraktekannya. Salam Jumpa kembali di Raja Bekam ;)..

Baca Juga, Tips Agar Badan Senantiasa Bugar | Manfaat Teh Hijau Bagi Payudara

TWB
Anjrah Susanto Web Designer, Blogger, Super Trainer

www.anjrahuniversity.com

Facebook Twitter LinkedIn
Contact me: Google Talk anjrah2006 Y! Messenger anjrah2006

Tema Diskusi:

cara melakukan food combining, tata cara food combining, cara food combining, food combining yang benar, kombinasi makanan dalam islam

1 comment

  1. Pingback: Tata cara makan yang baik | campur bawur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>