Tips Praktis Merawat Kesehatan Ginjal

Merawat Kesehatan Ginjal – Beberapa waktu yang lalu, saya memiliki seorang tetangga yang harus bertahan di rumah sakit sebab mengalami kasus batu ginjal. Hadeuh, jelas bukan perkara yang mudah padahal beliau satu-satunya sumber nafkah bagi keluarganya oleh sebab kurang bisa Merawat Kesehatan Ginjal harus mengeluarkan biaya perawatan lebih dari biasanya. Belum lagi, istrinya tidak bekerja, maka aku bisa berempati manakala dokter menyatakan harus operasi agar bisa dikeluarkan batu ginjalnya.

Owh Ya Allah.. jelas bukan perkara yang mudah bagi keluarga itu, juga keluarga masyarakat pada umumnya ketika harus operasi.

Namun apakah harus operasi?

Bukan maksud saya sok ngerti atau bagaimana, hanya saja namanya operasi berdasarkan pengalaman pernah hidup menemani seorang ahli pengobatan herbal di semarang, sedapat mungkin dihindari saja. Alasannya apa? Dari sisi pendapat kesehatan holistik meyakini bahwa tubuh pada mulanya lahir ke dunia dalam keadaan yang seimbang. Pola perilaku hidup kita kebiasaan-kebiasaan kita baik makan, tidur,  tindak seksual, dan lainnya menjadikan keseimbangan terganggu sehingga lahirlah apa yang kita kenal sebagai penyakit.  Maka, kalau terjadi penyakit, langkah yang ditempuh adalah ‘sekedar ‘ mengembalikan keseimbangan itu kembali kepada proporsinya.

Tindakan operasi dipandang sebagai ‘pemaksaan’ yang tidak jarang sebenarnya ‘merusak’ arus keseimbangan itu sebab operasi  ibarat mau ‘menyelesaikan’ masalah namun pake cara potong kompas. Ada masalah pada area perut, udah bedah perutnya saja, ada masalah di area mana latas bedah area tersebut. Berbeda dengan skematika pengobatan alami yang lebih tubuh friendly.

Back to topik, apakah harus operasi? Kalau mengacu pada kasus batu ginjal, jelas hanya dokter yang jujur yang bisa kita ambil pendapatnya. Secara umum sih, sebaiknya jangan keburu operasi dulu. La kan pegelnya bukan main? iya memang, hanya kalau mau jujur saya pernah mendengar bahwa di dalam tubuh manusia ada dua area yang pada area tersebut regenerasi selnya kurang bagus. Kecenderungan yang ada justru terjadi penurunan fungsi. Dua area itu ada pada organ ginjal dan otak. Ada sejumlah alternatif pengobatan herbal yang bisa ditempuh demi meluruhkan batu yang terkumpul di ginjal.

Tips Praktis Merawat Kesehatan Ginjal

Terutama bagi yang belum mengalami, boleh lah mengikuti beberapa tips perawatan ginjal sederhana berikut agar insyallah terjaga selalu kesehatan ginjalnya, yaitu:

  • Secara umum rutinlah berolah raga. Olah raga memungkinkan kinerja metabolisme tubuh berjalan baik sehingga tidak memberatkan satu atau organ tubuh tertentu dengan kerja ekstra. Misal pada kasus terjadinya batu ginjal, jelas ada permasalahan metabolisme komplek yang memicu sampah metabolisme begitu mengkristal pada area ginjal. Nah, olah raga menstimulasi organ-organ tubuh aktif bekerja sesuai proporsinya.
  • Segeralah kecncing ketika sudah terasa mau kencing. Kadang karena merasa sedang ada keperluan, urusan begitu ditunda-tunda. Padahal tidak satu dua orang yang sudah merasakan akibat buruk suka menunda kencing.
  • Konsumsi rebusan tongkol jagung yang direbus menggunakan kuali. Saya inget rumusan pembersih ginjal ini saat mengikuti kuliah herbal bersama dokter hembing.
  • Konsumsi air putih secukupnya. Bisa jadi rumusan meminum air putih yang sehat seperti pas bangun tidur dan takaran secara umum bisa dibaca lagi  di sini
  • Hindari mengkonsumsi air putih berlebihan dalam tempo waktu yang sangat dekat dengan waktu tidur. Agar ketika kita tidur, ginjal juga tidur.  Jangan jadikan dia menerima beban ekstra mengolah air yang kita minum sesaat sebelum tidur.
  • Beberapa rekomendasi para pakar herbal menyarankan jangan terlalu banyak mengkonsumsi yang bergaram supaya tidak memperberat kinerja ginjal.

Oke semoga paparan singkat mengenai Tips Praktis Merawat Kesehatan Ginjal bisa bermanfaat bagi anda sekalian.

2 Comments

  1. assalamualaikum.. Pak Anjrah, kalau untuk yang single kidney cara merawatnya sama seperti artikel yang diatas apa beda? lalu pantangan apa (makanan&minuman) yang harus dijaga? maturnuwun..

    1. walaikum salam dian, kembalinya ke pertanyaan Ginjal yg sebelah mana ya ? Saat diambil kasusnya apa dan kondisi orangnya gimnana ? Setelah oprasi kondisinya bagaimana ? (misal single kidney sebab operasi atau ada disfungsi ginjal sebelahnya karena kasus tertentu). Intinya melihat dulu kasusnya seperti apa :).

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *