Khasiat Hibiscus rosasinensis alias bunga sepatu

Hibiscus rosasinensis biasa dikenal dengan nama bunga sepatu biasa kita jumpai sebagai salah satu bunga penghias yang ada di area taman atau pekarangan rumah kita. Bunganya entah ada hubunganya apa sama sepatu, kog terkenal dengan nama kembang sepatu. Tanpa kita sadari, bunga yang khas dengan warna merahnya itu kini telah ditetapkan sama [lagi-lagi] malaysia sebagai bunga negaranya. Benar-benar menyebalkan. Namun ndak papa, di sekitar kita masih banyak dan pada kesempatan kali ini mari kita pelajari manfaatnya.

Hibiscus rosasinensis

Hibiscus rosasinensis memiliki nama lain kembang worawaribang, kembang sepatu, juga kembang wera. Gambar bunganya seperti di bawah ini:

gambar manfaat kembang sepatu Hibiscus rosasinensis L
Hibiscus rosasinensis L

 

Secara ilmu klasifikasi tumbuhan, kembang sepatu biasa dikenal dengan

Divisi  : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas   : Dicotyledonae
Ordo    : Malvales
Famili : Malvaceae
Genus : Hibiscus
Spesies : Hibiscus rosa sinensis L

kandungan kimia Hibiscus rosasinensis

Daun, bunga, dan akar Hibiscus rosa sinensis mengandung flavonoida. Di samping itu daunnnya juga mengandung saponin dan polifenol, bunga mengandung polifenol, akarnya juga mengandung tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin A, dan cleomiscosin C.

Daun kembang sepatu berkhasiat sebagai obat demam pada anak-anak, obat batuk, dan obat sariawan. Oleh masyarakat Nigeria, daun Hibiscus rosasinensis digunakan sebagai penambah vitalitas pria (aprodisiaka). Dada et al., 2007, membuktikan bahwa ekstrak etanolik daun tanaman ini memberikan efek anabolik dengan ditandai adanya peningkatan berat badan tikus (22 %) serta bobot testis, epididymis, seminal vesicle dan prostate.

Ekstrak  etanolik bunga tanaman ini juga dilaporkandapat menurunkan kadar kolesterol darah total dan serum trigliserida (20-30 %) serta meningkatkan level HDL hingga 12 % dan menurunkan kadar gula darah (Sachdewa A, and Khemani LD., 2003).

Hibiscus rosasinensis biasa pula di kombinasikan bersama Vitex Pubscens (Laban ireng) sebagai salah satu ramuan penghilang senggugut. Senggugut merupakan salah satu penyakit yang biasa dialami oleh wanita dengan gejala haid yang tidak menentu serta ketika datang haid rasa sakitnya sangat sakit sekali. Memang sih itu masih perlu disinergikan dengan beberapa herbal lainnya seperti kacip fatimah atau rumput fatimah sehingga bisa sekalian membantu masalah kesuburan kandungan yang sulit untuk hamil.

Tema Diskusi:

klasifikasi tumbuhan, rumput fatimah untuk kesuburan, khasiat rumput fatimah untuk kesuburan, klasifikasi kembang sepatu, manfaat rumput fatimah untuk kesuburan

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *