Obat Alami Kanker serviks a.k.a Kanker Leher Rahim

serviks - Carsinoma Cervek Uteri ( Ca serviks ) merupakan penyakit kanker  yang ganas  yang dapat berakibat fatal bagi oarang yang menderita apabila tidak mendapatkan pertolongan pengobatan secara dini. Kata serviks sendiri mengacu pada suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina). Dinegara yang sedang berkembang  Ca serviks  merupakan  penyakit yang menduduki ranking pertama  dari penyakit ganas yang lain.   

kanker servik deteksi dini

Posisi serviks

 

Biasanya  Karsinoma servisis  uteri   menyerang  pada wanita yang  sudah usia lanjut, kadang juga dijumpai pada  wanita  muda ,biasanya juga  penderita tidak menjadi hamil , Oleh karena serviks kaku  yang di sebabkan jaringan kanker, maka persalinan kala I  mengalami hambatan dan sering terjadi ketuban pecah dini  dan inersia uteri.

 

 

serviks terkena kanker apa sebabnya?

Hingga saat ini Human Papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab 99,7% kanker serviks. Virus papilloma ini berukuran kecil, diameter virus kurang lebih 55 nm. Terdapat lebih dari 100 tipe HPV, HPV tipe 16, 18, 31, 33, 35, 45, 51, 52, 56 dan 58 sering ditemukan pada kanker maupun lesi pra kanker serviks. HPV tipe 16 dan 18 merupakan 70 % penyebab kanker serviks.

Sebenarnya sebagian besar virus HPV akan menghilang sendiri karena ada system kekebalan tubuh alami, tetapi ada sebagian yang tidak menghilang dan menetap. HPV yang menetap inilah yang menyebabkan perubahan sel leher rahim menjadi kanker serviks. Perjalanan kanker serviks dari infeksi HPV, tahap pre kanker hingga menjadi kanker serviks memakan waktu 10 – 20 thn.

 

Metode deteksi dini kanker serviks

Pap smear merupakan salah satu cara deteksi dini kanker leher rahim (serviks), test papsmeari mendeteksi adanya perubahan-perubahan sel serviks yang abnormal, yaitu suatu pemeriksaan dengan mengambil cairan pada leher rahim (serviks) dengan spatula kemudian dilakukan pemeriksaan dengan miroskop.

Saat ini telah ada teknik thin prep (liquid base cytology) adalah metoda pap smear yang dimodifikasi yaitu sel usapan serviks dikumpulkan dalam cairan dengan tujuan untuk menghilangkan kotoran, darah, lendir serta memperbanyak sel serviks yang dikumpulkan sehingga akan meningkatkan sensitivitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan semacam sikat (brush) kemudian sikat dimasukkan ke dalam cairan dan disentrifuge, sel yang terkumpul diperiksa dengan mikroskop.

Pap smear hanyalah sebatas skrining, bukan diagnosis adanya kanker serviks. Jika ditemukan hasil pap smear yang abnormal, maka dilakukan pemeriksaan standar berupa kolposkopi. Kolposkopi merupakan pemeriksaan dengan pembesaran (seperti mikroskop) yang digunakan untuk mengamati secara langsung permukaan serviks dan bagian serviks yang abnormal. Dengan kolposkopi akan tampak jelas lesi-lesi pada permukaaan serviks, kemudian dilakukan biopsy pada lesi-lesi serviks tersebut.

 

Teknik deteksi kanker serviks lainnya

IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) tes merupakan alternatif skrining untuk kanker serviks. Tes sangat mudah dan praktis dilaksanakan, sehingga tenaga kesehatan non dokter ginekologi, bidan praktek dan lain-lain. Prosedur pemeriksaannya sangat sederhana, permukaan serviks/leher rahim diolesi dengan asam asetat, akan tampak  bercak-bercak  putih pada permukaan serviks yang tidak normal. Penanganan kanker serviks dilakukan sesuai stadium penyakit dan gambaran histopatologimnya. Sensitifitas pap smear yang dilakukan setiap tahun mencapai 90%.

 

Keladi tikus, kabar gembira bagi penderita kanker serviks

gambar daun keladi tikus kanker serviks
daun keladi tikus

Keladi tikus atau Typhonium Flagelliforme merupakan tanaman obat yang dapat menghentikan dan mengobati berbagai penyakit kanker dan berbagai penyakit berat lain. Tanaman sejenis talas dengan  tinggi maksimal 25 sampai 30 cm ini hanya tumbuh di semak yang tidak  terkena sinar matahari langsung. Tanaman obat ini telah diteliti sejak tahun 1995 oleh Prof  Dr Chris K.H.Teo,Dip Agric (M), BSc Agric (Hons)(M), MS, PhD dari  Universiti Sains Malaysia dan juga pendiri Cancer Care Penang,  Malaysia. Lembaga perawatan kanker yang didirikan tahun 1995 itu  telah membantu ribuan pasien dari Malaysia , Amerika, Inggris,  Australia, Selandia Baru, Singapura, dan berbagai negara di dunia.

Hingga saat ini belum banyak peneliti yang mengungkap khasiat keladi-tikus terutama untuk penyakit kanker serviks. Prof Dr Chris K.H. Teo, Dip Agric (M), BSc Agric (Hons)(M), MS, PhD dari Universiti Sains Malaysia meneliti tanaman ini, hasilnya ekstrak dari akar keladi-tikus efektif untuk kanker prostat. Pada penerapannya di indonesia oleh keluarga Patoppoi berhasil dengan izin Allah untuk mengatasi kanker serviks. Selain itu Lam Siew Hong peneliti dari USM menyebutkan bahwa terjadi peningkatkan aktivitas antibakteri dalam darah ikan lele.

Keladi tikus mengandung antineoplastik atau antikanker selain juga bisa berkhasiat sebagai antivirus. Efek farmakologi inilah yang menjadi obat utama untuk mengatasi kanker stadium lanjut. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah keseluruhan dari tanaman tersebut. Mulai dari akar (umbi), batang, daun hingga bunga. Tentu saja, efek tersebut akan bertambah baik bila diberikan bersama-sama dengan tanaman lainnya, seperti sambiloto, rumput mutiara dan temu putih.

Ekstrak typhonium flageffiforme clan bahan alami lainnya membantu detoxifikasi jaringan darah. Ramuan ini mengandung ribosome inacting protein (RIP), zat antioksidan dan zat antikurkumin. RIP berfungsi menonaktifkan perkembangan sel kanker, merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan sekitarnya dan memblokir pertumbuhan sel kanker. Zat antioksidan berfungsi mencegah terjadinya kerusakan gen. Sementara zat antikurkumin berfungsi sebagai antiinflamasi/antiperadangan. Kombinasi bahan alami ini mengaktivasi dengan memproduksi mediator yang menstimulasi untuk menguatkan sel dari sistem kekebalan tubuh untuk bersamasama memberantas sel kanker.

Di Cina tanaman ini di teliti oleh Zhong Z, Zhou G, Chen X, dan Huang P dari Guangxi Institute of Traditional Medical and Pharmaceutical Sciences, Nanning. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui efek farmakologis dari typhonium flagelliforme. Diketahui bahwa ekstrak air dan alkohol dari typhonium flagelliforme mempunyai efek mencegah batuk, menghilangkan dahak, antiasmatik, analgesik, antiinflamasi, dan bersifat sedatif. Pada konsentrasi 720 g/kg ekstrak air, 900 g/kg ekstrak alkohol dan 3240 g/kg ekstrak ester tanaman ini dapat meracuni tubuh.

Angela Riwu Kaho PhD, Ahli Kimia Natural peniliti zat anti tumor dari Ohio State University, ekstrak typhonium flagelliforme memang mengandung zat anti kanker namun konsentrasinya lemah. Mengenai hasil penelitiannya pernah di publikasikan dalam jurnal Phytotheraphy Research pada bulan Mei 2001. Namun demikian ia juga tidak memungkiri ada pasien yang sembuh dengan mengonsumsi ramuan ini.

 

Beberapa peringatan yang perlu diketahui sebelum mengkonsumsi  keladi tikus

  1. sebelum minum KONSULTASIKAN DULU DENGAN SINSHE kepercayaan Anda. Masing-masing herbal secara kandungan kimia memang memiliki sekian manfaat medisnya, namun dalam pandangan SINDROMA penyakit dalam pengobatan cina tidak selalunya tepat. So, sebelum mengkonsumsi keladi tikus pelajari sifat penyakit kanker serviks yang di alami masuk sindrom panas kah? sindrom dinginkah? apakah sesuai dengan sifat-sifat tradisional dari tanaman keladi tikus menurut pengobatan Cina.
  2. Wanita hamil dilarang menggunakan obat ini .
  3. Tanaman ditumbuk bukan diblender.
  4. Jika tangan menjadi gatal, cuci dengan air gula .
  5. Waktu menumbuk, hati –hati jangan kena mata .
  6. Air sari keladi tikus harus diminum segar, tidak boleh disimpan .
  7. Tanaman keladi tikus mudah busuk jika basah, jadi harus disimpan di kulkas. Cara ini menyimpan 3 tanaman digulung dengan kertas , masukan plastik, simpan di kulkas.
  8. Minum keladi tikus waktu perut kosong, sekurang – kurang nya sejam sebelum makan .
  9. Sesudah operasi tidak boleh langsung mikeladi tikus, tunggu 2 minggu.
  10. Dua hari pertama minum akan mual, sedikit diare, kotoran jadi hitam dan lesu.
  11. Kadang – kadang pasien muntah atau atau kurangi dosisnya mual sesudah lama minum keladi tikus, hentikan dulu sampai gejala hilang dan minum lagi, atau kurangi dosisnya.

 

Baca juga manfaat sarang semut sebagai sarana pengobatan kanker

 

sumber artikel obat alami kanker serviks:

http://www.suaradokter.com/2009/07/kanker-serviks/

http://www.resep.web.id/obat/penyembuhan-kanker-dengan-tanaman-keladi-tikus.htm

http://indonesian-herbal.blogspot.com/

 

 

Tema Diskusi:

senggama, teknik senggama, posisi senggama, cara senggama, posisi rahim wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>