Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1995

Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1995 tentang Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dimana dalam salah satu pasalnya menyebutkan bahwa Menteri Kesehatan membina dan mengawasi penelitian dan pengembangan kesehatan antara lain dengan menyediakan jaringan informasi penelitian dan pengembangan dibidang kesehatan.

Tujuan Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1995

Tujuannya bahwa penelitian dan pengembangan kesehatan merupakan salah satu sumberdaya kesehatan yang sangat besar arti dan  manfaatnya untuk mendukung pembangunan kesehatan. Selain itu  ntuk kepentingan pembangunan kesehatan guna meningkatkan kemampuan nasional, maka penelitian dan pengembangan kesehatan dan penerapannya peerlu ditata dan dimantapkan pengelolaannya.

 

Penelitian dan Pengembangan Kesehatan adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan menurut metode yang sistimatik untuk menemukan informasi ilmiah dan/atau teknologi DIREKTORAT JENDERAL PELAYANAN KEFARMASIAN DAN ALAT KESEHATAN yang baru, membuktikan kebenaran atau ketidak benaran hipotesis sehingga dapat dirumuskan teori atau suatu proses gejala alam dan/atau social di bidang kesehatan,dan dilanjutkan dengan menguji penerapannya untuk tujuan praktis di bidang kesehatan.

 

Oleh karena itu bantuan informasi sangat diharapkan mengalir secara berkesinambungan, sehinggapenerbitan buku ini masih dapat dilanjutkan. Mengingat keterbatasan yang ada seperti dana,personil dan sebagainya; dimasa mendatang pengumpulan naskah diharapkan dapat bcrlanjut dengan kemauan dan kesadaran dari institusi penelitian dengan mengirimkan hasil penelitian dimaksud ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Farmasi, sehingga salah satu fungsi untuk menyebarluaskan iformasi penelitian dapat terlaksana dengan balk.

 

Aplikasi Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1995

Aplikasi Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1995 adalah lahir kelanjutan Buku Penelitian Tanaman Obat di Beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah diterbitkan sampai Jilid VIII, maka diterbitkan buku Jilid DC. Seperti halnya dengan buku Jilid VIII beberapa judul penelitian tidak disertai abstraknya; karena beberapa institusipenelitian hanya mengirimkan judul penelitian yang dilakukan di institusinya.

 

Selain penelitian pendahuluan berupa skripsi dari S-l, telah berhasil dikumpulkan juga hasil penelitianyang digunakan untuk promosi S-2 maupun S-3, serta hasil penelitian para dosen di perguruan tinggi dan berbagai institusi penelitian yang telah dibawakan dalam seminar atau dimuat dalam majalah ihniah merupakan aplikasi Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1995.

 

Ya bagaimana tidak, menjelang pasar bebas dimana tidak ada batas-balas dalam dunia perdagangan, obat tradisional Indonesia dapat terdesak obat tradisional dari negara lain. Oleh karena itu perlu ditingkatkan pengembangan obat tradisional Indonesia tersehut antara lain dengan memberikan dukungan ihniah pada tanaman obat sebagai komponen pembentuk obat tradisional. Penelitian dan pengembangan kesellalan bertujuan untuk memberikan masukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengetahuan lain yang diperlukan untuk menunjang pembangunan kesehatan dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

 

Khusus berkaitan dengan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan kesehatan terhadap manusia, diatur tata cara, batasan-batasan penggunaan penelitian dan pengembangan kesehatan terhadap manusia, perlindungan dan hal-hal lain berkenan dengan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan kesehatan.

 

Mengingat hasil penelitian dan pengembangan kesehartan merupakan karya intelektual, maka hasil penelitian dan pengembangan kesehatan tersebut dapat diupayakan perlindungan hokum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain dari pada itu, juga diatur mengenai penghargaan atas hasil penelitian dan pengembangan kesehatan, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan kesehatan.Semoga Peraturan Pemerintah No. 39 tahun 1995 bisa menjadi naungan peneliti Bersama.

 

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *