Bagaimana penularan penyakit AIDS

penularan penyakit AIDS – Masyarakat masih sering di keliru memahami sebenarnya bagaimana Pengertian HIV AIDS dan penularan penyakit AIDS. Ada yang mengira penyakit AIDS itu ditularkan oleh keringat atau sekedar udara sehingga mereka mengucilkan orang yang mengalami penyakit AIDS atau biasa disebut dengan ODHA (orang dengan HIV AIDS). Padahal kalau bisa memahami penularan penyakit AIDS itu yang benar bagaimana, bisa lebih mudah kita memanusiakan saudara-saudara kita ODHA sebab kadang mereka ‘sekedar korban’ dari orang lain yang memang tidak bisa menjaga dirinya.

penularan penyakit AIDS tidak memilih-milih siapa korbannya

Penyakit ini  tidak memandang bulu dalam penyebaran  dan tidak akan  memilih korbannya  sehingga  sema orang dapat tertular  tidak memandang kaya / miskin , tua / muda, jenis kelamin, kebangsaan  suku, maupun rasnya apa.  Virus HIV yang dapat menebabkan  AIDS menyebar melalui  cairan tubuh   Seperti darah, Sperma ,Cairan Vagina dan Air susu Ibu. Virus ini hanya dapat menular melalui cairan oarang  yang terinfeksi masuk ke dalam cairan  tubuh orang yang belum terinfeksi ( Orang sehat ).

tiga sumber utama penularan penyakit AIDS

Penularan yang paling banyak  melalui :

penularan penyakit AIDS gambar bagaimana menular pengobatan

Zina sebagai Muara AIDS

  1. Hubungan Seksual. Hubungan  sexual dengan  orang yang terinfeksi HIV/AIDS  tanopa prosedur dan perlindungan diri  sering menjadi faktor utama penyebab tertularnya  Infeksi HIV/AIDS. Contohnya hubungan seksual yang tidak  memakai kondom yang baik melalui vagina , oral, dan anal
  2. Cairah Darah.  Cairan tubuh manusia  utamanya darah  dapat menjadi agent penularan bernagai macam peyakit. HIV / AIDS menular melalu Narkoba Suntik atau perantara jarum suntik . Pemakaian  spuit dan jarum suntik  yang tidak setiril dan dilakukan  bersama orang yang menidap HIV / AIDS   dapat menebabkan terinfeksi   HIV AIDS. Tato , Tindik  dan tranfusi darah  tindakan yang sanat riskan tertular HIV AIDS. Untuk menjaga  agar tidak ter infeksi maka  kita wajib melakukan kontrol diri pastikan  semua alat seteril dan apabila melakukan tranplantasi ( donor  )  pastikan donornya aman terbebas dari HIV AIDS.
  3. Air Susu Ibu ( ASI ). Penularan  dari Ibu yang Positif ke anak yang dikandung  , Seorang Ibu yang positif HIV / AIDS  dapat secara langsung menularkan keanaknya  , maka yang terpenting perlindungan diri terhadap anak dari  ibu yang terinfeksi  HIV/ AIDS.

penularan penyakit AIDS tidak melalui beberapa perilaku berikut ini:

  1. Melalui udara  atau melalui batuk dan bersin
  2. Melalui makan  atau air.
  3. Melalui keringat  atau airmata.
  4. Melalui pemakaian bersama alat makan  seperti cangkir,piring  dengan ODHA.
  5. Memegang ,berpelukan , dan berciuman dengan ODHA
  6. Memakai baju,  atau berjabat tangan dengan ODHA.
  7. Memakai toilet bersama  ODHA
  8. Tinggal serumah dengan ODHA
  9. Oleh Kutu nyamuk dan serangga lainya yang terinfeksi ODHA.

 

Semoga informasi mengenai bagaimana sih penularan penyakit HIV AIDS menular di atas bisa mencerahkan ilmu anda. Sharenya ditunggu di area komentar,, terima kasih.. Sumber: makalah AIDS Pak Eko Wartono S.Kep

baca juga: Pasal 284 KUHP ndukung perselingkuhan?

Tema Diskusi:

apakah bila kita menyentuh darah sih penderita hiv/ aids dpt tertular, apa terkena cairan vagina atau megang vagina yang hiv akan tertular ?, menyentuh cairan vagina penderita hiv, orang yang riskan tertular hiv aids, pegang vagina apa bisa tertular hiv?

4 comments

  1. Pingback: Pengertian HIV AIDS Acquired Immune Deficiency Syndrome | kedokteran

  2. Pingback: penyakit menular seksual vagina kelamin Gatal Pasal 284 | PMS

  3. The next time I learn a weblog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I mean, I know it was my choice to learn, however I really thought youd have one thing fascinating to say. All I hear is a bunch of whining about something that you can fix should you werent too busy on the lookout for attention.

    • anjrah2006
      Author

      I said thank you very much for your advice. Insya Allah, I am promise You, in the future i’ll better and better.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>