Tips Merawat kesehatan ikan hias

kesehatan ikan hias – Beberapa ikan hias memang tergolong manja. Bagaimana tidak dikatakan manja, permasalahan dalam hal pengairan sedikit saja sudah membuat kesehatan ikan hias kita terganggu. Kadang sampai gimana ya campuran antara kasihan dan sebel melihat keadaan yang ada. Nggak sebel bagaimana, wong saya yang punya aja perawatannya nggak sebegitu merepotkan, la kog ini punya piaraan kog malah merepotkan.

 

Pernah suatu hari saya memiliki ikan hias berjenis ikan mas koki, pas suatu hari area rumah terkena giliran mati lampu, eh tiga ikan mas koki mati hampir dalam waktu bersamaan. Padahal airnya tergolong bersih, makanan cukup, paparan sinar matahari juga masuk. wah, sebel juga gara-gara mati lampu yang nggak nyampai satu hari saja sudah mati tu ikan. Nggak inget apa selama berhari-hari sudah aku pelihara dengan baik [hehe..].

 

kesehatan ikan hias bisa di dukung dengan langkah perawatan yang baik

Nah pada kesempatan kali ini, aku mau bagi tips bagaimana menjaga kesehatan ikan hias yang aku lakukan semoga juga bisa berhasil anda lakukan. Sederhana saja sih, namun ketika ada manfaat, saya ikut seneng membuat ikan anda ikut sehat terawat. kebetulan saya suka juga piara-piara ikan di aquarium. tips-tipsnya adalah:

  1. pastikan anda menggunakan mesin pemfilter air secara proporsional bagi aquarium anda. Misal ukuran yang 100  x 50 x 50 cm, cukup dipasang satu pompa. Harganya sekitar 30ribu. Apa pentingnya, terutama bagi anda yang tergolong sibuk, tentunya tidak memungkinkan menguras air 3-4 hari sekali bukan? SO, lebih baik anda gunakan filter yang bagus sehingga kalaupun dua minggu aquarium nggak dikuras [asal busa saringannya terus di bersihkan] insyallah air aquarium masih bagus.
  2. Pilih busa filter aquarium yang kerapatannya cukup namun mudah untuk di cuci. Jangan terburu membeli busa aquarium murah akan tetapi hasil saringan airnya kurang maksimal serta rontok pas di cuci. Konsultasikan dengan penjual busa aquarium langganan anda sehingga air bersih dan  kesehatan ikan hias terjaga.
  3. Kasih makan piaraan ikan anda secara terjadwal dan proporsi jumlah makanan yang di kasihkan ke ikan itu pas dengan jumlahnya. Kadang banyak sekali kotoran di aquarium yang malah berasal dari kebanyakan kita pas ngasih makan ikan itu secara berlebihan.  Mengapa terjadwal? organ pencernaan ikan juga kan butuh waktu buat mencerna nutrisi yang kita kasihkan. Kalau dianya makan dan makan lagi, kapan proses pencernaan berjalan baik?
  4. Pergunakan selang kecil secara rutin atau sedotan mesin khusus untuk menghisap kotoran ikan yang biasa terkumpul di area bawah aquarium. Jangan sampai kotoran ikan yang menumpuk memicu timbulnya bakteri serta cacing yang merusak sisik indah dari ikan. Belum lagi jelas memberikan ancaman bagi kesehatan ikan hias anda.
  5. Masukan antibiotik ikan yang aman. Biasakan melihat dosis saat memberikan, jangan pakai kirologi alias kiro-kiro aja. di beberapa penjual ikan sudah tersedia pula sekaligus cairan penjernih aquarium yang dipadukan pembasmi hama ikan hias.
  6. Bila perlu tambahkan neonultraviolet pada aquarium yang tidak memungkinkan terkena pancaran sinar matahari secara langsung.

Semoga bermanfaat sedikit tips kesehatan ikan hias di atas.

 

Tema Diskusi:

obat penjernih air aquarium, harga obat penjernih air aquarium, obat penjernih air buat aquarium, penjernih aquarium, penjernih air aquarium

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *