Waspada Gejala Penyakit Sipilis Bagi Wanita

Sebelum membicarakan gejala penyakit sipilis bagi wanita, sesaat mari kita pahami sejarah penamaan sifilis.  Setelah itu baru kita bahas gejala penyakit sipilis bagi wanita. Sejarah penamaan penyakit sifilis dikarenakan adanya sajak yang ditulis tahun 1530, pengarangnya bernama FRACASTORO seorang dokter yang juga seorang ahli sajak yang hidup di Verona, Italia. Dia menerbitkan suatu sajak yang diberi nama sifilis, yang menceritakan pengembalaan babi yang bernama Sifilis yang mendapat amarah dari Dewa Apollo.

Dewa itu akhirnya menjatuhkan hukuman berupa penyakit yang sangat dasyat sebagai hukumannya. Tanda-tanda penyakit pada sajak digambarkan persis dengan penyakit yang sedang melanda bangsa-bangsa Eropa pada saat itu. Pada akhirnya nama sifilis digunakan digunakan untuk menamai penyakit tersebut dan nama tersebut tetap dipakai hingga sekarang.

Gejala Penyakit Sipilis Bagi Wanita

Sifilis atau yang disebut dengan ‘raja singa’ disebabkan oleh sejenis bakteri yang bernama treponema pallidum. Bakteri yang berasal dari famili spirochaetaceae ini, memiliki ukuran yang sangat kecil dan dapat hidup hampir di seluruh bagian tubuh. Spirochaeta penyebab sifilis dapat ditularkan dari satu orang ke orang yang lain melalui hubungan genito-genital (kelamin-kelamin) maupun oro-genital (seks oral). Infeksi ini juga dapat ditularkan oleh seorang ibu kepada bayinya selama masa kehamilan. Anda tidak dapat tertular oleh sifilis dari handuk, pegangan pintu atau tempat duduk WC.

Gambaran tentang penyakit sifilis seperti yang dikemukakan tersebut mungkin masih membuat Anda penasaran, karena wanita yang tidak tahu kalau suaminya sering ‘jajan‘ mungkin tidak menyadari kalau dirinya sudah mengidap penyakit sifilis.

Empat stadium gejala penyakit sipilis bagi wanita

Jadi uraian selanjutnya adalah mengenali gejala penyakit sipilis bagi wanita, yang terurai dalam empat stadium berbeda, Yaitu:

Stadium satu. Stadium ini ditandai oleh munculnya luka yang kemerahan dan basah di daerah vagina, poros usus atau mulut. Luka ini disebut dengan chancre, dan muncul di tempat spirochaeta masuk ke tubuh seseorang untuk pertama kalinya. Pembengkakan kelenjar getah bening juga ditemukan selama stadium ini. Setelah beberapa minggu, chancre tersebut akan menghilang. Stadium ini merupakan stadium yang sangat menular.

Tanda gejala penyakit sipilis bagi wanita sifilis gambar orang
Gambar Orang Sifilis

Stadium dua. Kalau sifilis stadium satu tidak diobati, biasanya para penderita akan mengalami ruam, khususnya di telapak kaki dan tangan. Mereka juga dapat menemukan adanya luka-luka di bibir, mulut, tenggorokan, vagina dan dubur.

Gejala-gejala yang mirip dengan flu, seperti demam dan pegal-pegal, mungkin juga dialami pada stadium ini. Stadium ini biasanya berlangsung selama satu sampai dua minggu.

Stadium tiga. Kalau sifilis stadium dua masih juga belum diobati, para penderitanya akan mengalami apa yang disebut dengan sifilis laten. Hal ini berarti bahwa semua gejala penyakit akan menghilang, namun penyakit tersebut sesungguhnya masih bersarang dalam tubuh, dan bakteri penyebabnya pun masih bergerak di seluruh tubuh. Sifilis laten ini dapat berlangsung hingga bertahun-tahun lamanya.

Stadium empat. Penyakit ini akhirnya dikenal sebagai sifilis tersier. Pada stadium ini, spirochaeta telah menyebar ke seluruh tubuh dan dapat merusak otak, jantung, batang otak dan tulang.

Bagaimana Kita Tahu Kita Terkena syphilis atau tidak?

Cara yang lebih bisa dipertanggungjawabkan secara ilmu pengetahuan salah satunya dengan mengikuti Syphilis Rapid Plasma Reagin Test (RPR). Apa itu RPR? RPR is a simple blood test that looks for antibodies the body makes to fight the syphilis infection. It can take 4 to 6 weeks after infection for antibodies to be found. MUdahnya, semacam tes darah yang dilakukan secara sistematis untuk menuji kemungkinan ada tidaknya kasus sipilis pada tubuh orang yang diperiksa.

Biasanya, ketika hasilnya positif, dokter akan menguji ulang karena bisa jadi tes itu kan tetap ada saha kelirunya. Jadi, jangan cuman sekali tes saja. Atau bisa terjadi false positif  (salah deteksi) pada orang dulu pernah kena sipilis namun udah sembuh atau sedang melakukan perawatan tubuh dari penyakit sipilis.

Apakah Sipilis Bisa Diobati?

Setiap penyakit ada obatnya. INsya Allah bisa. Salah satunya jelas dengan melakukan taubatan nashuha ketika sipilisnya sudah terjadi pada diri. Lakukan pemeriksaan segera sehingga tahu sejauhmana kasus sipilis yang sudah dialami.  Kalau dari sisi herbal, upaya perbaikan bisa dimuali dengan konsumsi antioksidan alami yang baik dan cukup kuat bagi sipilis, misalnya minyak biji anggur ataupun produk kesehatan yang meningkatkan kekebalan tubuh lainnya. Kalau medis? Jelas ada rawatan khusus antibiotik yang bisa dijadikan rujukan.

Dan, Sudah jelas bahwa apapun yang dilarang agama jelas-jelas memiliki muatan keburukan yang besar bagi kehidupan dunia maupun di akhirat. Sipilis bermula dari orang yang masih saja manusia-manusia bodoh yang ‘berani’ sama Allah merasa sombong menentang segala apa yang sudah digariskanNya. Dilarang melakukan seks bebas, malah tetap melakukannya. So rasailah Azab pedih Allah dimuka bumi berbentuk sipilis atas perilaku buruk itu, belum siksa Allah atas dosa zina nantinya diakhirat, kala tidak juga bertaubat.

Sumber:

  • http:// www.  f-buzz.com /2008/07/09/ mengenal-penyakit-sifilis/
  • http:/ /www. stdtestexpress.com/ syphilis/

 

Tema Diskusi:

memek basah, penyakit memek, memek penyakit, memex basah, memek sipilis

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *