Sakit pinggang dan pengobatannya

Sakit pinggang sering sekali dijadikan bahan pertanyaan oleh pasien terutama yang sudah berusia separuh baya. Keluhannya bisa dengan ungkapan, “dok, pinggang saya sering terasa pegal, saya kog sering mengalami Sakit pinggang, cara mengatasi Sakit pinggang? dan sebagainya”. Namun sebenarnya itu bagaimana sih?

 

Beberapa prediksi mengenai keluhan Sakit yang berposisi pada pinggang manusia. Sakit itu sendiri posisi pastinya ada disebelah mana, banyak yang sering mengartikan bahwa sakit pinggang pasti selalu berkaitan dengan permasalahan dengan kesehatan ginjal. Lalu berpikiran buruk akan banyak kemungkinan penyakit-pernyakit ginjal. Padahal nggak juga, pada beberapa pasien yang kecapean alias terkuras energinya juga sering ditemukan keluhan sakit pinggang.

Sakit pinggang

Mengatasi sakit pinggang gambar bekam

sakit pinggang

Mengapa orang yang kecapean juga berkemungkinan mengalami Sakit pinggang?

Pada salah satu forum kajian pengobatan yang membahas aneka fungsi ginjal dalam sisi pandang TCM atau ilmu pengobatan cina menyatakan bahwa ginjal merupakan sumber energi tubuh. Maka apabila terkuras banyak energi tubuh salah satu efeknya jelas-jelas diartikan sama dengan terkurasnya energi pada ginjal. Sedangkan kita paham bahwa posisi ginjal berada pada area pinggang, maka manifestasi yang muncul adalah rasa pegal pada pinggang.

So, kalau pada kasus pegal dengan model seperti di atas, model pengobatannya cukup mudah, insyallah sekedar memberikan beberapa nutrisi yang segera memberikan energi pada tubuh. Bisa dengan mengkonsumsi Madu plus air hangat, area pinggang dipijat dengan tujuan tonifikasi [penguatan], dan istirahat yang cukup. HIndari pula melakukan aktivitas-aktivitas yang menguras energi salah satunya adalah melakukan jimak. Misal mau menggunakan air hangat buat berendam atau dikombinasikan dengan terapi garam sebagai penghangatan area pinggang, itu kami sarankan.

Pada kajian tersebut juga berakhir pada kesimpulan agar jangan merekomendasikan bekam basah pada seseorang yang pinggangnya pegal sebab kecapean. Sebab secara prinsipil pengobatan bekam basah itu sendiri berguna sebagai proses membuang panas, membuang energi, sehingga pada pasien yang sudah kekurangan energi malah memberikan madhorot baginya. Misal mau bekam, bilamana memungkinkan paling menggunakan bekam kering saja. Itupun sebenarnya kurang direkomendasikan, rekomendasi terbaik sebenarnya menggunakan pijatan serta konsumsi herbal yang memberikan energi pada ginjal. Wallahu a’lam.

 

Tema Diskusi:

letak ginjal, posisi ginjal, letak ginjal manusia, letak ginjal pada tubuh manusia, posisi ginjal sebelah mana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>