Fungsi Limpa [Spleen] dalam TCM ada 9 MACAM

9 Fungsi Limpa – Keunikan dari ilmu pengobatan cina adalah pada keluasan khasanah pengalamannya. Bagaimana tidak tcm sudah berkembang ribuan tahun melebihi ilmu kedokteran modern sekarang ini. Contohnya dalam menguraikan 9 Fungsi Limpa, dimana bahkan para dokter hari ini mengatakan limpa cuman satu atau dua fungsi bahkan ada yang beranggapan tidak berfungsi, di sini TCM bisa uraikan spleed kedalam 9 Fungsi Limpa. Mari kita simak saja.

Fungsi Limpa – Fungsi Limpa yang Pertama. Perut yang bertugas menerima makanan dan minuman melalui mulut dan kerongkongan, yang mengandung mereka, dan akhirnya fermentasi mereka. Perut karena itu disebut “lautan gandum dan air.” Setelah “grinding dan fermentasi” bagian bahan yang masuk dari inti sari dari makanan diteruskan ke limpa, sedangkan sisanya diteruskan ke bawah ke usus kecil. Jika perut gagal untuk menerima dan memfermentasi benar, pasokan pascakelahiran qi ke jaringan organ lain akan terganggu. Klasik Guru Hua dari Viscera Tengah menyatakan: “Jika qi lambung kuat, semua zang lima dan enam fu jaringan akan kuat.”

Ke dua. Fungsi Limpa bertanggung jawab atas transformasi dan distribusi dari esensi makanan dan cairan, serta transformasi kelembaban patologis. Sebuah limpa sehat akan memfasilitasi penyerapan yang optimal dan distribusi dari esensi. Akibatnya, seluruh tubuh akan disediakan dengan nutrisi yang penting untuk kelangsungan hidup. Ini adalah alasan inilah limpa telah diberi label akar kehidupan postnatal. Jika ada penyerapan yang tepat dan transformasi dari esensi makanan, makanan akan berubah menjadi esensi halus daripada ke lumpur “basah” stagnan di saluran pencernaan. Sebaliknya, kehadiran kelembaban dalam sistem sangat akan menghambat tindakan transformatif limpa.

Bagian dari Fungsi Limpa yang mengangkut, apalagi, adalah untuk memindahkan cairan ke paru-paru ke atas, dari mana mereka “ditaburi” di seluruh tubuh untuk memastikan moisturization tepat. Jika ini metabolisme dasar cairan dapat berfungsi terganggu, tidak ada penumpukan kelembaban patologis akan terjadi dalam sistem.

Tiga. Fungsi Limpa mengangkut penting dari limpa sepenuhnya didasarkan pada tindakan dari “meningkatkan (esensi) murni.” Ini berarti bahwa dalam keadaan fisiologis qi limpa menunjukkan momentum naik. Jika qi limpa meningkat, sebuah “mengangkut” mempengaruhi akan terjadi.

Di sisi lain, tindakan yang sama pentingnya untuk menyampaikan dari ampas-dan diferensiasi terus murni dan cairan keruh-adalah hasil dari momentum ke bawah perut, umumnya disebut sebagai “turun keruh itu.” Diferensiasi dan penyerapan cairan dicapai kooperatif oleh usus kecil, hangat tiga kali, dan kandung kemih, tetapi aspek-aspek dari metabolisme cairan yang sering dikaitkan, sederhana, dengan fungsi menurun dari perut.

Treatise berpengaruh pada Fungsi Limpa dan Lambung (Pi Wei Lun), yang ditulis oleh otoritas medis Dinasti Yuan Li Dongyuan, sangat menggarisbawahi meningkatnya Fungsi Limpa. Untuk memperjelas maksudnya, Li mengacu pada kerja alam. Dia mengingatkan para pembacanya bahwa tubuh manusia adalah replika miniatur dari makrokosmos sekitarnya. Semua fenomena di bumi, risalah poin keluar, diproduksi oleh hubungan dari ascending qi surgawi duniawi dan turun. Momentum ke atas dari esensi qi, didorong oleh limpa, dapat dibandingkan dengan Yang jelas alam yang naik ke langit sampai mengental ke dalam awan di langit.

Fungsi Limpa dalam pemeliharaan paru-paru

Bagian halus dari esensi ini (Yang dalam yang) memurnikan dan memelihara paru-paru qi, dengan demikian mempertahankan suasana kelembaban, kesegaran, dan kejelasan dalam burner atas (yang mempengaruhi sensorik dari lubang telinga, mata, mulut, dan hidung) . Bagian padat dari substansi Yang ascending (yin dalam yang) membasahi kulit, menguatkan pori-pori, dan memberikan ketegasan ke anggota badan.

Dan seperti yin keruh di alam mengembun di bawah ini untuk membentuk bumi, Risalah terus menjelaskan, esensi yang jelas dari Yin keruh berasal dari makanan (yang Yang dalam yin) “menyala merah” dan berubah menjadi darah, sehingga nutrisi tubuh , sedangkan ampas dan cairan berlebihan diekskresikan. Bagian keruh keruh (yin dalam yin), akhirnya, membentuk basis material bagi sumsum tulang.

Dinasti Qing koleksi esai, Pikiran Spontan Terinspirasi oleh Membaca Klasik Medis (Duyi Suibi), meringkas peran penting dari lambung limpa / dengan menggambar Taiji (yin-simbol) waxing tubuh dan memudarnya: “Jantung dan paru-paru adalah Yang, seperti mereka mengikuti dorongan bawah perut qi dan turun di sebelah kanan, mereka berubah menjadi Yin Hati dan ginjal adalah Yin;. saat mereka mengikuti dorongan ke atas limpa qi dan naik di sebelah kiri, mereka berubah menjadi Yang . “

empat. Perut berongga bertanggung jawab atas “fermentasi dan pematangan” makanan yang masuk. Karakter wei (perut) mencerminkan kemiripan perut ke field ketinggian tinggi. Karena bidang dalam lokasi yang lebih tinggi lebih dekat ke matahari dan kelembaban mereka dengan mudah dapat menguras bawah, bumi mereka memiliki kecenderungan untuk mendapatkan kering, ia mendapat sebutan “Yang bumi.” Seperti bumi Yang tubuh, perut sudah diketahui dengan mudah menjadi kering.

Fungsi Limpa, antara lain bertugas mengubah kelembaban. Pi karakter (limpa) mencerminkan kemiripan limpa ke field ketinggian rendah. Seperti bumi di dasar lembah, limpa memiliki kecenderungan untuk menjadi lembab, dan dengan demikian dikenal sebagai “yin bumi.”

Lingkungan ideal untuk fungsi mereka adalah kelembaban sedikit untuk perut dan kekeringan dekat untuk limpa; yang merupakan kebalikan dari kecenderungan alami mereka, sehingga limpa dan perut harus bergantung pada satu sama lain untuk mencapai keadaan keseimbangan. Jika tidak, aksi pengeringan perut mungkin gagal untuk mengontrol lembab limpa, dan tanda-tanda akumulasi air yang tergenang di sistem akan muncul. Atau kualitas membasahi limpa mungkin gagal untuk menyehatkan perut kering, dan gejala haus, nafsu rakus, atau tanda-tanda lain dari panas perut akan muncul.

Lima. Meskipun terutama paru-paru yang mengatur qi tubuh, dan terutama jantung yang mengatur darah, limpa adalah pusat bumi fisik yang merupakan sumber dari kedua qi tubuh dan darah. Kedua zat ini penting dianggap sebagai transformasi esensi makanan.

Enam. Qi tidak hanya bergerak esensi tubuh, tetapi juga memegang mereka di tempat. Fakta bahwa darah beredar di dalam pembuluh tanpa meninggalkan jalur yang tepat terutama dikaitkan dengan fungsi menahan limpa qi. The Classic of Difficulties (Nanjing) hanya menyatakan: “Limpa mengandung darah [pi tong xue]” Ini fungsi limpa [berhubungan dengan elemen bumi atau fase] adalah menggugah karakteristik bumi: hanya sebagai sungai dan sungai yang dikandung oleh tanah tempat tidur, darah tubuh yang terkandung dalam saluran.

Fungsi Limpa paling utama pada transformasi dan transfortasi nutrisi makanan

Tujuh. Fungsi menyerap dan mengangkut dari limpa / lambung secara langsung tercermin dalam pengembangan daging seseorang dan otot. Lengan yang kuat dan berkembang dengan baik dan kaki karena itu dianggap sebagai indikator penting untuk fungsi limpa yang baik. Lemah, dingin, lengan menyakitkan, obesitas, atau cacat dan kaki adalah tanda utama dari kelemahan limpa.

Delapan. Kondisi limpa bermanifestasi di dalam daging dari mulut-bibir. Bibir merah cerah, misalnya, dapat mengindikasikan panas lembab di perut. Gusi berdarah kronis atau perubahan struktural pada gusi mungkin timbul dari defisiensi limpa, sedangkan gejala kekeringan parah di mulut, pembengkakan gusi, sakit gigi, atau pendarahan yang parah mungkin akibat kelebihan perut (panas, kering) kondisi. Patologi struktural dalam rongga mulut (termasuk bentuk lidah dan lapisan lidah) dan sensasi rasa yang tidak biasa pada mulut (atau kekurangan) hampir selalu menunjukkan limpa / perut gangguan.

Fungsi Limpa serta pengaruhnya dalam proses berpikir

Sembilan. Proses mental berpikir dan mengingat yang dianggap sebagai bagian dari aktivitas fisiologis limpa. Seseorang dengan sistem pencernaan yang buruk biasanya tidak dapat berpikir jernih. Hal ini karena energi Yang jelas gagal untuk bangkit ke jantung dan otak, atau karena mengumpulkan kelembaban mengaburkan lubang. Seperti biasa, hubungan ini juga bekerja sebaliknya: jika seseorang berpikir atau terlalu banyak kekhawatiran, ini dapat dengan mudah menyebabkan gejala pencernaan seperti nafsu makan yang buruk, diare, atau konstipasi. [Sumber Fungsi Limpa: www.itmonline.org/5organs/spleen.htm]

Baca juga: Apa sebab anda bisa terkena penyakit jantung?

Tema Diskusi:

fungsi spleen, spleen adalah, fungsi limpa, fungsi limpa manusia, fungsi limpa pada tubuh manusia

One Comment

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *