Peta Lidah dalam Teknik Diagnosa Penyakit Dalam Pengobatan Cina

Peta Lidah –  Keunikan dari teknik diagnosa yang dikembangkan oleh bangsa cina adalah adanya pemeriksaan yang menyeluruh dengan melibatkann tanda-tanda alami dari dalam tubuh penderita sendiri melaluai pemeriksaan fisik, nadi, lidah, dan diagnosis suara. Khusus lidah, sudah mahsyur dikenal Peta Lidah. Melalu gambaran imajiner Peta Lidah, para sinshe bisa mendiagnosis aneka keluhan pada organ-organ utama yang ada dalam tubuh manusia.

Memang membaca Peta Lidah selain membutuhkan pembelajaran praktis dasar-dasarnya, juga harus dikembangkan melalui pengamatan yang terus menerus dalam praktek klinik. Sebab membutuhkan kejelian dalam menentukan diferensiasi antara permasalahan yang satu dengan yang lain. Kadang satu sama lainnya itu sangat mirip dan kenderung bisa mengecoh. Seperti dalam membedakan lidah itu tipis atau tidak, kalau orang yang belum paham, akan cenderung melihat lidah itu biasa saja, padahal sudah masuk area tipis.

Peta Lidah menunjukan organ-organ penting

Peta lidah diagnosa akupuntur bekam sinergi gambar
Peta lidah Versi TCM

 

Pada gambar di atas kita bisa mendapatkan informasi bahwa area jantung [heart] apabila ada permasalahan akan ditunjukan pada lidah bagian depan. Permasalahan pada kandung empedu, liver secara umum ditunjukan pada area tepi-tepi lidah. Area tengah lidah sebagai manifestasi gangguan pada limpa  dan lambung. Area diagnosis ginjal ada di bagian belakang.

Pemeriksaan dari sisi Lidah tidak hanya dari sisi bentuk,  kita dituntut mencermati pula bagaimana keadaan otot lidah dan selaput lidahnya. Pertanyaan diagnostik pada area otot lidah meliputi warna, bentuk dan gerakan. Lalu pada analisa selaput lidah juga perlu dicermati bagaimana warna, tebal/tipis, bersih/kotor, juga basah/kering.

Beberapa sampel gambar lidah bisa dicermati pada beberapa gambar berikut.  Sekedar catatan, analisa lidah akan sempurna apabila diperiksanya pasien itu menggunakan cahaya alam. Apabila sudah difoto atau menggunakan senter bisa menyebabkan false positif pada hasilnya nanti. Gambar pemeriksaan lidah berikut sekedar tambahan informasi bagi anda sekalian.

Peta lidah tipis pucat gambar diagnosa map tongue
gambar lidah tipis pucat
diagnosa lidah tapak gigi gambar
gambar  tapak gigi pada lidah

Ilmu Peta Lidah menyadarkan keluarbiasaan penciptaan Allah pada lidah

Luar biasa bukan Allah ciptakan lidah kita? Jadi lidah tidak sekedar berfungsi dalam perasaan rasa pahit, manis, atau asam saja. Lidah bisa digunakan sebagai salah satu seni mendiagnosis penyakit pada tubuh manusia. So, para ahli bekam rekomended mempelajari diagnosa Ilmu pengobatan Timur termasuk salahsatunya mempelajari Peta Lidah secara mendalam. Oke? silakan dishare ke rekan lainnya, agar bisa lebih menginspirasi :D.

Tema Diskusi:

diagnosa lidah, diagnosa penyakit melalui lidah, akupuntur lidah, analisa lidah, peta lidah

4 Comments

  1. info yang menarik.. oh ya, saya pernah mendengar tentang akupuntur lidah, bisakah diberikan info tentang itu?? Trim’s..

  2. salam kenal..boleh minta referensi “Peta Lidah dalam Teknik Diagnosa Penyakit Dalam Pengobatan Cina”? dan kalau bisa buku-buku apa saja yang menunjang tentang hal itu. soalnya saya sangat tertarik dengan info tersebut. terima kasih ya. info yang sangat menarik.

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *