Tata Cara Makan yang Baik

Banyak yang menanyakan sebenarnya bagaimana sih Tata cara makan yang baik dalam web blog saya yang lainnya. Ya sebenarnya Tata cara makan itu ada bermacam-macam menyesuaikan kondisi dan budaya setempat. Artinya, Tata cara makan yang menurut kita baik diterpkan di negara tropis seperti indoneisa jelas akan memberikan menu yang berbeda dibandingkan kalau hidup di area subtropis seperti jepang yang cenderung dingin.

Tata cara makan Terbaik Sesuai Sunnah

Masing-masing mengklaim memberikan tata cara makan terbaik sesuai metode masing-masing. Ada yang mengatakan bahwa Tata cara makan yang baik hanya memakan makanan yang berasal dari tumbuhan saja, merupakan tata cara terbaik dan ini yang diamalkan oleh mereka yang disebut kaum vegetarian. Perlu diketahui vegetarian sendiri ada macamnya, ada yang murni vegetarian sehingga hanya memakan makanan dari sayuran semata, ada vegetarian yang memakan sayur dan telur, ada yang memakan sayur telur dan susu. Artinya memakan beberapa produk hewani, namun terbatas pada produk susu dan telur.

Masa kini banyak seni Tata cara makan dari para ahli

Ada juga yang menggunakan metode makan yang ketat berpanduan pada beberapa riset mengenai diet, misalkan ada yang biasa makan menggunakan metode yang didasarkan pada jenis golongan darah dan sebagainya. ya, saya yakin pada semuanya itu ketika memang diamalkan dengan pertimbangan dasar ilmu yang tepat biasanya akan tetap memberikan dampak kebaikan pada si pelakunya. Hanya saja, jangan sampai mengharamkan sesuatu yang halal, jangan menghalalkan sesuatu yang haram sebab hanya panduan makan yang sifatnya hanyalah metode keduniaan yang tidak memiliki nash syar’i yang kuat.

Tata cara makan rekomendasi dari Rajabekam.Info

Lalu bagaimana sih Tata cara makan yang baik? Kalau apa yang saya amalkan, saya sarikan dari beberapa buku yang saya baca dan kajian herbali yang saya ikuti beginilah langkah-langkahnya:

  1. Minum 2 jam sebelum makan. Disarankan minum air putih kalau mau makan besar. Boleh menggunakan air putih yang hangat. Misal kurang suka air putih, bisa juga didahului dengan meminum air larutan madu. Perbandingannya 2 sendok madu+ 200 cc air putih hangat.
  2. Apabila disajikan makanan yang terdiri makan dan buah-buahan, maka disarankan memakan dahulu buah-buahan. Hal ini disarikan dari hikmah bahwa dalam kitab suci alqur’an, tidaklah muncul istilah makanan berat dengan buah, melainkan kata buah-buahan di dahulukan sebelum penyebutan makanan berat tersebut. Manfaat lain juga terkait pemenuhan pengolahan serat dalam buah yang dikonsumsi.  La kalau buahnya masam seperti jeruk gimana? ya ndak papa, secara kimia sebenarnya jeruk itu bersifat basa, sedangkan kondisi lambung kita secara umum itu bersifat asam. So, ndak papa kalau mau makan buah dulu, selama ini kita ketipu main set barat bahwa buah malah dimakan sebagai penutup.
  3. Setelah makan buah dan mau makan, Apa bila tersedia garam, celupkan jari kelingkingmu ke garam itu, lalu tempelkan di lidah kita. hikmah dari sebuah penjelasan dari ulama bahwa rasulullah mencelupkan kelingkingnya ke garam lalu dimasukannya ke mulut beliau sebelum  makan dimulai. Hikmahnya, ternyata garam menstimulasi munculnya banyak enzim pencernaan terutama enzim di area mulut sehingga pencernaan berjalan baik.
  4. Jauhi meminum air teh baik hangat maupun dingin sebelum dan sesaat setelah makan. Apa sebab? dalam sebuah riset dikatakan ada salah satu zat dalam air teh yang mengurangi kemampuan usus halus menyerap makanan manakala seseorang makan berbarengan dengan konsumsi teh. Boleh meminum teh dengan jarak 2 jam setelah  atau sebelum makan. Sia-sia dong kita dah makan makanan bergisi malah makanan itu tidak diserap secara sempurna oleh usus kita.
  5. Biasakan jangan menyela makan sambil minum atau sesaat setelah selesai makan lalu minum banyak. Ibaratnya makan kog digelontor air, sebab mengacaukan komposisi enzim pencernaan yang sudah siap. Lalu kalau makan sup gimana? makan sup ya nggak papa, nggak bertentangan dengan kaidah diatas. Efek buruknya pada munculnya sembelit serta ke kurang sempurnaan pengolahan makanan secara umum.
  6. Perhatikan komposisi nasi, lauk, sayuran. Ya jika ada, misal tidak ada ya intinya makanlah dengan mempertimbangkan masuknya komposisi nutrisi yang dibutuhkna oleh tubuh.
  7. Tata cara makan yang baik merekomendasikan ketika makan hendaklah mengunyah dengan sempurna, selembut mungkin sehingga makanan bercampur maksimal dengan enzim dalam tubuh serta tidak memperberat usus.
  8. Hindari makan malam langsung tidur. Beri kesempatan tubuh mengolah makanan yang baru masuk ke tubuh sehingga ketika semua anggota tubuh istirahat saat tidur, organ pencernaan pun ready ikutan istirahat. Hindari minum banyak kurang dari dua jam sebelum tidur, sebab memberikan PR khusus bagi ginjal mengolahnya. Padahal semestinya diapun ikut istirahat waktu kita tidur.
  9. Biasakan mengkonsumsi air putih berdasarkan panduan sehat minum air putih. Sebab luar biasa sebagai mana sudah kami terangkan ternyata manfaatnya bagi kesehatan sangat bagus.

Sharekan Tata cara makan yang baik kepada temen-temenmu

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan diri anda sekalian. Selanjutnya, ada yang bisa kita diskusikan mengenai Tata cara makan yang baik? Jika bermanfaat mari semangat mensharekannya di twitter ataupun fb anda sekalian dipandu oleh tools social bookmark di bawah. Terima kasih.

Baca Juga: Rumusan Food  Combining antara Buah, Daging, dan Sayur | Menjaga Kesehatan Melalui Pijat Telinga | Cara Sehat Sederhana dengan Melatih Pernapasan

Tema Diskusi:

artikel tata cara makan yang baik, tata cara makan yang baik dan benar, tata cara makan yang benar

3 Comments

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *