Tips Perawatan puting susu

Perawatan puting susuPerawatan puting susu sangat penting diketahui Anda yang berniat memberikan ASI eksklusif untuk buah hati hingga ia berusia 6 bulan maupun digenapkan sampai usia 2 tahun. Persiapkan dan Perawatan puting susu sejak masa kehamilan perlu benar- benar disempatkan agar program menyusui berlangsung sukses.ASI eksklusif, di mana ibu hanya memberikan ASI bagi aja, tanpa makanan tambahan lain pada bayi di usia 6 bulan pertama amat disarankan karena memiliki berbagai manfaat penting bagi bayi dan ibu.

 

 

Perawatan puting susu sejak usia kehamilan berapa bulan?

Persiapan menyusui bisa dimulai dengan perawatan payudara Ibu, khususnya puting susu, sejak usia kehamilan tiga bulan. Perlu diketahui bahwa kondisi puting susu ini beragam. Ada yang berbentuk normal, ada yang datar bahkan ada yang masuk ke dalam. Agar upaya memberi ASI dapat terlaksana dengan baik, maka bentuk puting susu harus sedemikian rupa sehingga mudah diisap oleh bayi.

Perawatan puting susu perawatan puting susu asi eksklusif bayi dan anak
Kampanye Asi 6 Bulan Euy

Perawatan untuk puting ini dapat dilakukan dengan cara setiap hari selama dua menit menarik-narik puting susu dengan jari telunjuk dan ibu jari. Setelah itu, lakukan pengurutan pada puting susu.

Setelah kehamilan berusia 32 – 34 minggu, perawatan dapat ditingkatkan dengan cara menarik dan memelintir puting susu ke kanan dan ke kiri masing-masing 20 kali, lalu dengan handuk kering dan bersih gosok-gosok payudara kanan dan kiri bergantian. Pijat payudara dengan telapak tangan dan jari-jari tangan ke arah puting susu sebanyak 10 kali, lalu pijat aerola (daerah yang berwarna coklat) ke arah puting susu dengan menggunakan ibu jari.

 

Info Perawatan puting susu lebih detail

Jika kurang yakin dengan informasi berdasarkan teori semata, coba hubungi klinik laktasi terdekat agar Anda bisa mempraktikannya. Atau barangkali rumah bersalin tempat dokter kandungan Anda berpraktik menyediakan fasilitas ini? Tanyakan dan ikuti kelasnya ya.

 

Pentingnya Perawatan puting susu dalam pemberian ASI eksklusif

Mengapa ASI eksklusif penting selama 6 bulan pertama usia bayi? Tak lain karena pada usia tersebut sesungguhnya bayi belum mampu mencerna makanan lain selain ASI. Di samping memang ginjalnya belum cukup sempurna untuk mengeluarkan sisa-sisa pembakaran makanan, enzim-enzim dalam usus juga belum banyak untuk mencerna makanan lain.

Karena alasan tersebut susu buatan pabrik (susu formula) hanya dianjurkan diberikan pada bayi bila memang pemberian ASI tidak memungkinkan. Sebab jumlah protein dan mineral susu sapi umumnya 26 kali lebih banyak dibanding ASI. Hal ini kurang menguntungkan bagi kesehatan bayi, karena mengandung protein dan mineral yang tinggi itu akan sukar dicerna dan membebani kerja ginjal bayi. [sumber: www.hidupgaya.com]

 

baca juga: Alasan menyusui harus 6 bulan

Tema Diskusi:

help cara tarik puting yang benar, memelintir puting, Cara memelintir Puting, cara memelintir payudara, memelintir pentil

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *