pengobatan asma menggunakan akupuntur

pengobatan asma – Dr Shao Jingming telah berlatih pengobatan Cina selama lebih dari 60 tahun. Beliau share pengalamannya dalam pencegahan dan pengobatan asma, berikut adalah ringkasan dari pengalaman terbarunya.  Dr Shao memiliki praktek teratur memilih poin utama dan adjuvan tertentu. Beliau jadikan F eishu (BL-13), dazhui (GV-14), dan fengmen (BL-12) dipilih sebagai poin utama, ketika digunakan bersama-sama, mereka tidak bisa hanya mengaktifkan fungsi paru-paru dan meredakan asma, tetapi juga mencegahkambuh asma, menunjukkan efek terapi yang cukup baik pada asma bronkial sederhana.

Titik akupuntur pengobatan asma menurut Dr Shao Jingming

Selama periode paroksismal, pengobatan asma dengan menusuk poin di atas dapat menurunkan resistensi saluran gas intrapulmonal sehingga untuk meringankan asma dari waktu ke waktu, selama periode remisi, perawatan dapat memiliki efek untuk mengatur dan meningkatkan fungsi paru-paru. Untuk dapat  memberikan  efek jangka panjang pengobatan asma, beberapa poin ajuvan harus ditambahkan sesuai dengan gejala yang menyertainya:

  1. chize (LU-5) dan Taiyuan (LU-9) untuk batuk;
  2. zhongwan (CV-12) dan zusanli (ST-36) untuk berlimpah dahak;
  3. shenshu (BL-23) dan guanyuan (CV-4) untuk sesak napas dan eksaserbasi asma setelah gerak;
  4. jueyinshu (BL-14), xinshu (BL-15), Neiguan (PC-6), dan zusanli ( ST-36) untuk palpitasi dan sianosis bibir dan kuku, dan Yuji (LU-10) untuk kekeringan faring dan lidah.

Adapun manuver akupunktur, kedalaman jarum di tiga titik utama  sebagai berikut:

  1. pasien dewasa, 1,5 cun filliform jarum dimasukkan secara vertikal di dazhui (GV-14) 1,3 cun yang dalam, dan 1 cun filliform jarum dimasukkan perlahan-lahan pada feishu (BL-13) dan fengmen (BL-12) 0,5-0,8 cun mendalam untuk menginduksi sensasi tusuk jarum
  2. Dalam kasus defisiensi Yang, akupunktur dapat diterapkan dengan moksibusi, dalam kasus pengobatan asma tipe kekurangan Yin dengan panas internal, atau infeksi paru dengan demam, akupunktur dapat diterapkan, diikuti dengan cupping
  3. Praktik klinis menunjukkan bahwa pengobatan diberikan dalam musim panas dan musim gugur selama 3 tahun pada dasarnya dapat mengontrol kambuh. “

 

pengobatan asma menurut Chen Anmin dari Rumah Sakit Provinsi Henan Pengobatan Tradisional Cina

Cen Anmin merekomendasikan Aplikasi akupunktur dan moksibusi bagi pengobatan asma selama serangan akut sehingga dapat meredakan asma secara instan plus  mengurangi gejala lainnya. Selama tahap diam, Aplikasi akupunktur dan moksibusi membantu mengkonsolidasikan efek terapi dan mencegah kekambuhan. Poin utama yang digunakan adalah feishu (BL-13), dazhui (GV-14), dan fengmen (BL-12). Poin tambahan adalah chize (LU-5) dan Taiyuan (LU-9) untuk batuk; zhongwan (CV-12), zusanli (ST-36), dan fenglong (ST-40) dahak berlimpah; tiantu (CV-22 ) untuk sensasi tertindas di dada dan dahak sulit.

 

Jarum dimasukkan tegak lurus dalam feishu (BL-13) dan fengmen (BL-12) untuk 0,5-0,8 cun, pada dazhui (GV-14) untuk 1-1,3 cun, dan jarum dipertahankan selama sekitar 20-30 menit dengan manipulasi 2-3 kali dengan seragam penguat-mengurangi metode. Setelah akupunktur, cupping dapat diterapkan antara dazhui (GV-14) dan feishu (BL-13). Akupunktur dapat diterapkan sekali sehari selama serangan dan sekali setiap hari lain setelah asma telah lega.

Baca juga: Diet zat besi untuk yang suka Anemia

sumber artikel pengobatan asma:  http://www.itmonline.org/arts/acuasth.htm

Tema Diskusi:

kasus asma dan pengobatannya, titik tusuk jarum asma

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *