Tetanus Neonatorum definisi pengobatan vaksin

Pengertian Tetanus Neonatorum

Tetanus Neonatorum (TN) adalah infeksi akut yang disebabkan oleh kuman Clostridium Tetani  memasuki tubuh bayi baru lahir melalui tali pusat yang kurang terawat dan terjadi pada bayi sejak lahir sampai umur 28 hari, kriteria kasus TN berupa sulit menghisap ASI, disertai kejang rangsangan, dapat terjadi sejak umur 3-28 hari tanpa pemeriksaan laboratorium. (Sudarjat S, 1995).

Tetanus Neonatorum serta Penularannya

Penularan Tetanus Neonatorum  sebagai akibat memotong tali pusat dengann peralatan tidak steril dan terkontaminasi dengan ekskreta hewan atau tanah yang mengandung spora tetanus sebagai balutan atau tali akar untuk mengikat tali pusat.
Tetanus Neonatorumpenularannya secara langsung atau tak langsung melalui luka yang ada pada bayi, biasanya terjadi akibat infeksi pada luka di pusar bekas pemotongan tali pusat dengan menggunakan alat yang terkontaminasi. Disamping itu infeksi dapat pula terjadi jika luka pusar bayi diobati atau diberi zat-zat yangterkontaminasi. (George D, 1995).

Masa Inkubasi Tetanus Neonatorum

Masa inkubasi biasanya 4-21 hari (umumnya 7 hari), tergantung pada tempat terjadinya luka, bentuk luka, dosis dan toksisitas kuman Tetanus Neonatorum. (Sudarjat S, 1995).

Tanda Klinis TN

Tanda-tanda Tetanus Neonatorum nya terdapat pada bayi baru lahir (neonatus) sampai umur kurang dari 28 hari, biasanya beberapa hari sesudah lahir dengan gejala-gejala bayi mulamula masih bisa menetek/minum, lama kelamaaan karena otot rahang kejang, maka sulit membuka mulut sehingga bentuk mulut bayi mencucu  seperti mulut ikan, lama kelamaan otot pernafasan kejang, tidak lama kemudian bayi kelihatan biru, kejangkejang sampai meninggal dunia. (SubDit Imunisasi,Ditjen PPM &PLP,1992).

Pencegahan TN

Untuk mencegah tetanus pada bayi baru lahir dilakukan imunisasi aktif dengan toksoid tetanus pada ibu hamil menjelang kelahiran bayi dan seandainya kelahiran seorang bayi ditolong oleh dukun, bayi secepatnya dibawa ke dokter/puskesmas untuk mendapat imunisasi pasif dengan serum anti tetanus. (Markum A.H, 1987).
Vaksin Tetanus Neonatorum  memiliki efektifitas yang sangat tinggi dan pemberiannya mudah, sehingga tujuan untuk melindungi bayi terhadap TN dapat dicapai dalam waktu yang relatif singkat. (Panitia PIN, 1996).  Untuk mendapatkan perlindungan seumur hidup terhadap TN maka diperlukan pemberian imunissi TT  5 dosis dengan interval waktu sesuai ketentuan.
Untuk merekam pemberian imunisasi Tetanus Neonatorum tersebut diperlukan alat pantau yang dapat dipergunakan seumur hidup  (Panitia PIN, 1996).
baca juga:

Tema Diskusi:

makalah tetanus neonatorum, definisi tetanus neonatorum, pengertian tetanus neonatorum, laporan pendahuluan tetanus neonatorum, masa inkubasi tetanus neonatorum

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *