gangguan jin kepada manusia bentuk dan macamnya

gangguan jin – Iman kepada hal ghaib termasuk salah satu rukun keimanan yang wajib dipahami dan yakini oleh setiap muslim. Karena sudah Allah jelaskan dalam kitab dan SunnahNya. Iman kepada hal ghaib yang dimaksud salah satunya adalah meyakini adanya gangguan jin yang bisa menginvasi ke dalam diri manusia dengan izin Allah ta’ala. Ya dalam berbagai bentuknya. Beberapa tipe gangguan jin akan dishare dalam kesempatan kali ini.

gangguan jin  kepada manusia beraneka bentuk

Gangguan fisik – Jenis gangguan jin  seperti yang dialami oleh Nabi Ayub a.s. sebagaimana pengakuan beliau dalam Al-Qur’an, “Dan ingatlah akan hamba Kami Ayub ketika ia menyeru Tuhannya; “Sesungguhnya aku diganggu syaitan dengan kepayahan dan siksaan” (QS. Shaad ( 38 ) : 41).

Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa gangguan setan yang menimpa Nabi Ayub a.s. berupa gangguan fisik yang menghabiskan daging beliau hingga jarumpun tidak bisa menancap pada tubuh beliau. Selain gangguan fisik, harta beliau juga habis, keluarga beliaupun berantakan, anak dan istri beliau pergi meninggalkan beliau dalam keadaan sakit dan miskin, hal ini beliau derita selama 18 tahun, kemudian Allah berfirman,” Hantamkanlah kakimu,  inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum.”

Doa mengatasi gangguan jin

Imam Muslim meriwayatkan bahwa Utsman bin Abul Ash pernah mengadu kepada Rosulullah saw bahwa ia sering sakit-sakitan sejak ia masuk Islam. Lalu Rosulullah bersabda: “Letakkanlah tanganmu pada bagian yang sakit lalu ucapkan bismillah 3x lalu ucapkan 7 x A’uudzubillahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir”. Sehingga gangguan jin bisa mengganggu manusia berupa penyakit kulit, tumor, kista, diabetes, maag, stroke, dll..

Gangguan psikis – Biasanya berbentuk depresi atau gila. Imam Ahmad, Abu Dawud dan Imam Thobroni meriwayatkan dari Ummu Abas bahwa kakeknya pernah menghadap Rosulullah saw dengan membawa anaknya yang gila (kena gangguan jin) untuk diobati kemudian Rosulullah mengambil baju dan memukul punggung anak itu sambil mengucapkan “ukhruj ya a’da-aLlah” kemudian beliau mendudukkan anak itu di hadapan beliau dan mendo’akannya dengan menggunakan air lalu beliau usapkan air tersebut di wajahnya sambil mendo’akan kesembuhanya. Gangguan psikis lainnya seperti mudah marah, gelisah, pikiran kacau, bingung, sering mendengar bisikan-bisikan, merasa bukan dirinya, dll.

Gangguan syaraf–  Bentuk gangguan syaraf bisa menyebabkan epilepsi atau ayan seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Al-Hakim dan Ibnu Abu Syaibah bahwa ada seorang wanita datang kepada Rosulullah saw dengan membawa putranya yang sakit ayan, kemudian beliau membuka mulut anak itu dan meniupnya 3x kemudian berkata “Ukhruj ya a’da-aLlah, wa ana abdullah” setelah itu sembuh, kemudian wanita itu memberikan hadiah berupa 3 ekor kambing, tetapi Rosulullah hanya mengambil 1 ekor.

Gangguan rezki- Keluhannya seperti usaha selalu gagal, karir memburuk, bangkrut atau pailit seperti yang dialami Nabi Ayub a.s. yang hartanya habis disebabkan gangguan jin.

Gangguan keluarga- gangguan jin didukung bala tentaranya menumbuhkan saling curiga di antara anggota keluarga, saling benci, takut melihat pasangan hidupnya, keluarga berantakan, suami atau istri kabur dari rumah seperti yang dialami Nabi Ayub a.s.  Bahkan gangguan itu bisa mengancam perceraian.

Gangguan prilaku- Jenis gangguan jin yang membuat orang seperti sedang melakukan hubungan suami istri padahal tidak. Hal ini dialami oleh Rosulullah saw.  Imam bukhari meriwayatkan dari Aisyah r.a bahwa Rosulullah pernah disihir oleh seorang penyihir Yahudi yaitu Labi b bin Al A’shom dengan media sisir, rontokan rambut dan mayang kurma jantang yang ditimbun di sumur Dzarwan sehingga Rosulullah ketika hendak melakukan hubungan intim dengan istrinya, beliau merasa seolah-olah beliau sudah melakukanya sehingga beliau tidak bisa lagi melakukan hubungan intim, lalu beliau selalu berdo’a dan berdo’a selama 6 bulan barulah dikabulkan.

Harus tetap berani jihad melawan  gangguan jin sesungguhnya gangguan setan lemah!

Wah luar biasa bukan macam gangguan jin pada manusia. Namun, kita wajib berani melawannya, Allah subhanahu wata’ala berfirman, “Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut, sebab itu perangilah kawan-kawan syaitan itu, karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah lemah (QS. An Nisa: 76).

Tema Diskusi:

epilepsi dan jin, epilepsi karena jin, www apakah pnyakit diabetes pnykit ini dri gangguan jin, bagaimana jin bisa mengganggu kesehatan manusia, epilepsi ada gangguan jin

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *