Menguak 4 Penyebab Alergi Susu Sapi Pada Anak Balita

Menguak 4 Penyebab Alergi Susu Sapi Pada Anak Balita – Bagi anak-anak, susu tak hanya sebagai sumber gizi dan nutrisi tetapi susu dipercaya untuk memaksimalkan pertumbuhan otak.

Penyebab Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Penyebab Alergi Susu Sapi, sayangnya ada beberapa anak yang tidak dapat mengkonsumsi susu karena keterbatasan ekonomi, ternyata juga ada yang alergi susu sapi.

Penyebab Alergi Susu Sapi

Kenapa kok kebanyakan pada alergi susu, padahal susu adalah komponen yang sangat abgi perkembangan. ketika buah hati kita mengalami alergi, apa yang biasa kita lakukan agar tetap bisa memberikan nutrisi dan gizi. Nah ketika buah hati kita mengalami alergi susu sapi, anda bisa mencoba memberikan susu kambing.

Kenapa memilih susu kambing ? Karena gelembung pada susu kambing bisa memecah menjadi ukuran kecil sehingga lebih mudah di serap oleh tubuh.

Memang banyak anggapan yang mengatakan kalau susu kambing ini sebagai pengganti susu sapi, tentu tidak. Memang susu kambing tidak kalah jauh dengan ASI dan hampir sebanding seperti ASI.

Belum banyak juga yang meminati susu kambing, dimana-mana kan kebanyakan yang jual susu sapi. Bahkan tempat tongkrongan seperti susu segar di pinggir jalan itu juga masih menggunakan susu sapi.

Penyebab Alergi Susu Sapi Pd Bayi

Kesulitan mencari kemasan dari produk susu kambing, tenang kalau anda mau anda bisa menghubungi kontak kami bisa melalui via SMS/WA/LINE 0857 9994 3044 | PIN BBM 325 BE 6AD.

Penyebab Alergi

Alergi adalah respon abnormal dari suatu imun kekebalan tubuh. Orang-orang yang memiliki alergi biasanya akan menutup hidung agar tida menimbulkan alergi. Penyebab alergi susu sapi ternyata ada banyak banget, dan ada beberapa yang sudah mimin sebutkan. Dan bila masih kurang, bisa langsung browsing saja hehehe.

Penyebab alergi susu sapi bisa bervariasi dan rentang waktuny ada yang dan ada juga yang bereaksi lambat. Berikut ini penyebab alergi susu sapi:

  1. Gejala yang paling sering muncul kalau si kecil alergi susu sapi adalah mual, kolik, diare, atau keluar darah saat buang air besar. Gejala lainnya adalah  anak bermasalah dengan kulitnya, sehingga si kecil mulai gatal-gatal, kulit merah, bentol-bentol dan keluar cairan, dan kulit kering juga.
  2. Nafas bayi berbunyi
    Nafas bayi berbunyi terjadi akibat bayi terkena kesulitan bernafas. Pada dasarnya saluran pernafasan memberikan reaksi alergi yang cepat karena pada bagian ini terdapat banyak lendir
  3. Bayi batuk
    Bayi memang memiliki sistem pernafasan yang sangat sensitif. Ketika tubuh bayi menolak zat asing yang terkandung dalam susu sapi maka bayi bisa batuk. Perhatikan juga bila si kecil batuk dan batuknya itu lama hingga berminggu-minggu atau lewat 2 minggu.
  4. Mata bayi berair
    Beberapa bayi yang mengalami reaksi kuat terhadap susu sapi juga bisa menyebabkan mata bayi berair dan merah. Beberapa orang tua menganggap jika kondisi ini bisa terjadi akibat serangga atau debu yang mengotori mata bayi.
  5. Bayi menjadi sangat lemah
    Reaksi alergi susu sapi pada bayi bisa menyebabkan bayi menjadi sangat lemah. Kondisi ini bisa disebabkan karena bayi mengalami penurunan tekanan darah dan terkadang jika sudah parah maka bayi bisa pingsan
  6. Bengkak pada wajah
    Susu sapi bisa menyebabkan alergi yang sangat buruk untuk tubuh bayi. Beberapa bayi bisa mengalami kondisi yang sangat mengerikan terkait dengan anafilaksis akibat susu sapi.
  7. Eksim pada kulit bayi
    Kulit bayi memang masih sangat sensitif, terlebih jika bayi terkena alergi susu sapi. Beberapa bayi bisa mengembangkan eksim yang sangat parah sehingga bayi menjadi tidak nyaman. Yap betul banget, harus berhati-hati dalam pemberian susu pada bayi.

Penyebab gejala alergi susu ternyata cukup banyak juga ya, dan mulai sekarang harus pintar-pintar mengetahui penyebab gejala alergi susu pada anak.

Gejala Klinis

Alergi protein susu sapi dapat mengenai berbagai organ tubuh anak, misalnya saluran napas memperlihatkan gejala pilek dan batuk berulang, saluran cerna memperlihatkan muntah, sakit perut berulang serta diare yang dapat disertai darah, kulit kemerahan dan biduran.

Bahkan pada reaksi yang berat dapat menimbulkan bengkak pada beberapa bagian tubuh, seperti mata, telinga, bahkan sampai syok (meski jarang). Bila ditemukan gejala tersebut dan tidak respon terhadap terapi standar apalagi disertai adanya riwayat alergi dalam keluarga, maka dapat dipikirkan kemungkinan adanya reaksi alergi anak tersebut.

Ketika tahu kalau semisal di keluarga kita ada yang menderita alergi sehingga menurun ke buah hati kita, alangkah baiknya kita segera mencegahnya atau segera memeriksakannya ke dokter.

Cara Mengobati Alergi Susu

Penyebab Alergi Susu Sapi

Mustahil rasanya memisahkan sang buah hati dari susu, karena sebagian besar orang tua menganggap susu adalah sumber nutrisi utama yang dapat memenuhi kebutuhan gizi.

Selepas dari pemberian ASI, umumnya orang tua memilih susu sapi. Namun, apa yang terjadi apabila anak anda ternyata alergi terhadap susu sapi? Lantas, apakah anda langsung menghentikan konsumsi susu pada sibuah hati?

Secara umum, yang dimaksud dengan alergi adalah reaksi penolakan tubuh terhadap susu formula yang mengandung protein susu sapi. Hal ini disebabkan karena anak memiliki sistem reaksi kekebalan tubuh yang bereaksi abnormal terhadap protein yang terdapat dalam susu sapi, sehingga muncullah gejala-gejala sebagai
reaksi alergi.

Berikut Cara Mengatasi Alergi Susu 

Apa saja sih cara-caranya dalam mengatasi alergi susu, yuk simak lengkapnya di bawah ini dan semoga bermanfaat ya buat kak dan keluarga.

  1. Menghilangkan semua produk makanan yang mengandung susu
    Wah gimana ini masa ya menghilangkan semua makanan yang mengandung susu padahal kan kebanyakan makanan ada kandungan susu nya ya kak.
  2. Mencari produk pengganti susu nih
    Wah produk apa ya kak, anak kecil kan belum tentu suka. Apalagi lebih suka minum susu nih
  3. Berikan susu formula
    Susu formula yang cocok untuk buah hati kesayangan dan yang nggak menimbulkan alergi
  4. Ibu jangan mengkonsumsi produk susu
    Sebaiknya si ibu jangan ikutan mengkonsumsi produk yang mengandung susu, agar tidak menyebabkan si kecil alergi
  5. Berikan ASI
    Nah asi ini bisa menjadi salah satu solusi bila si kecil masih bayi tetapi bila si kecil sudah agak besar cobalah memberikan susu kambing pada si kecil. Su kambing ini hampir setara dengan ASI. Yuk segera sedia susu kambing mulai sedini mungkin dan untuk berjaga-jaga bila si kecil tiba-tiba mengalami alergi.

Nah itulah beberapa cara mengatasi alergi susu sapi. Kita sebagai orangtua harus tahu penyebab gejala alergi susu sapi itu apa saja, agar bisa langsung diberikan perawatan dan pencegahan sedini mungkin.

Memang aslinya penyebab alergi ada banyak banget, tapi ya mimin cuman menyebutkan sedikit saja heehe. Semoga saja dengan artikel ini lebih membantu kakak ya.

Apakah Alergi Susu Sapi itu Berbahaya ?

Sebenarnya tidak ya kak, yang bahaya itu justru kesehatannya si kecil nih kak. Karena bisa menyebabkan kematian pada si kecil kalau tidak segera di tangani ya kak. Dan lebih detailnya ditanyakan kepada yang lebih ahli saja kak.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *