Delapan Tips Cara Sehat dan Bugar Dalam 10 Menit

Tips sehat dan bugar dalam 10 menit ini ditujukan pada Anda yang termasuk orang sibuk. Jika Anda malas berolahraga atau termasuk orang yang anti-olahraga, mungkin beberapa tips ini bisa membantu Anda hidup lebih sehat.

Berjalan kaki

Berjalan kaki tidak harus dilakukan selama 30 sampai 60 menit. Berjalan selama 10 menit pun sudah cukup, asal dilakukan secara teratur. Tidak perlu pada pagi hari atau sore hari, Anda dapat berjalan kaki selama 10 menit sebelum bekerja, makan siang, malam hari, atau bahkan berjalan-jalan di mall pun termasuk olahraga. Bejalan kaki selama 10 menit ini mampu menyegarkan pikiran, menggerakan tubuh, dan menjauh dari meja kerja untuk sementara.

Sarapan

Tips sehat bukan berarti harus berolahraga, dengan sarapan secara teratur setiap pagi pun dapat membawa Anda ke kehidupan yang lebih sehat. Membuat menu sarapan sehat seperti oemlet isi sayur dan daging atau sandwich tidak akan memakan waktu lama bukan? Atau untuk lebih mudah, Anda bisa membuat oatmeal dan sereal lainnya, lalu susu rendah lemak sebagai penutup menu sarapan Anda.

Membuat jadwal makan

Buatlah jadwal makan, mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam. Gunakan papan tulis yang dapat dihapus ataupun kalender, untuk membuat jadwal makanan dalam satu minggu. Jadwal ini berisikan jam makan dan menu Anda. Setelah itu, pergilah ke toko untuk membeli bahan makanan yang ada dalam daftar. Hal ini mengharuskan Anda untuk berpegang pada menu makanan yang telah disusun.

Tidur lebih awal

Berkurangnya waktu tidur Anda bukan bertarti Anda akan membayarnya dengan tidur berjam-jam sesudahnya. Tetap terapkan kebiasaan bangun tidur Anda di jam yang sama, namun jika Anda mengalami “kekurangan” waktu tidur, biasanya untuk tidur 10 menit lebih cepat dari biasanya. Jangan membaca buku, majalah atau menonton TV di kamar. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang tepat, antara tujuh sampai delapan jam sehari.

Bangun lebih cepat

Tidur 10 menit lebih cepat dapat membantu Anda bangun lebih cepat 10 menit. Dengan bangun lebih awal dari hari biasanya dapat Anda isi dengan olahraga ringan, baik itu hanya peregangan ataupun lari pagi. Kalau pun tidak Anda gunakan untuk berolahraga, setidaknya waktu tambahan ini dapat Anda gunakan untuk bersiap-siap.

Membaca

10 menit waktu luang Anda dapat juga digunakan untuk membaca. Carilah bahan bacaan mengenai kesehatan, mempelajari kebugaran, kesehatan wanita, metabolisme tubuh atau resep-resep makanan sehat. Dengan kegiatan membaca ini Anda dapat belajar sesuatu yang baru dan menerapkan kebiasaan sehat bagi diri Anda dan juga orang sekitar Anda.

Snack buah-buahan

Bawalah buah-buahan sebagai snack dalam kegiatan sehari-hari Anda. Tidak hanya buah-buahan, sayuran seperti wortel, salad ataupun sandwich bisa Anda siapkan dalam wadah makanan. Hindari gorengan dan Anda pun akan hidup lebih sehat.

Tertawa

Tertawa sama efektifnya dengan berolahraga, bahkan tertawa sangat baik untuk pikiran dan jiwa Anda serta menurunkan berat badan. Tertawa selama 10 menit dapat membakar 50 kalori. Isilah 10 menit waktu luang Anda dengan chatting bersama teman atau menonton video lucu yang dapat membuat Anda tertawa.

Bila perlu untuk menjaga kesehatan peredaran darah mengkonsumsi minyak ikan salmon  serta penjagaan diri dari serangan radikal bebas dengan nutrisi minyak biji anggur.

Tema Diskusi:

bahaya air sulingan bagi kehamilan

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>