Apa sih Cairan Putih Di Kemaluan Terasa Gatal dan Berbau?

Ada yang mengamati organ kemaluannya lalu bertanya, “Apa sih Cairan Putih Di Kemaluan Terasa Gatal dan Berbau?”. Bisa jadi itu peck tay atau keputihan. Keputihan merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh sebagaian wanita, jika dibiarkan keputihan ini akan menibulkan berbagai penyakit pada alat kelamin wanita tersebut, seperti bau tidak sedap, gatal yang berlebihan bahkan kanker!.

Gejala Keputihan
Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya. Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.

Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau uri. Gadis muda kadang-kadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.Kimia yang bersifat bahaya bagi kesehatan.

Beberapa faktor penyebab keputihan :

Jamur Candidas atau Monilia
Warnanya putih susu, kental, berbau agak keras, disertai rasa gatal pada kemaluan. Akibatnya, mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Biasanya, kehamilan, penyakit kencing manis, pemakaian pil KB, dan rendahnya daya tahan tubuh menjadi pemicu. Bayi yang baru lahir juga bisa tertular keputihan akibat Candida karena saat persalinan tanpa sengaja menelan cairan ibunya yang menderita penyakit tersebut.

Parasit Trichomonas Vaginalis
Ditularkan lewat hubungan seks, perlengkapan mandi, atau bibir kloset. Cairan keputihan sangat kental, berbuih, berwarna kuning atau kehijauan dengan bau anyir. Keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, tapi liang vagina nyeri bila ditekan.

Bakteri Gardnella
Infeksi ini menyebabkan rasa gatal dan mengganggu. Warna cairan keabuan, berair, berbuih, dan berbau amis. Beberapa jenis bakteri lain juga memicu munculnya penyakit kelamin seperti sifilis dan gonorrhoea.

Virus
Keputihan akibat infeksi virus juga sering ditimbulkan penyakit kelamin, seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS. Condyloma ditandai tumbuhnya kutil-kutil yang sangat banyak disertai cairan berbau. Ini sering pula menjangkiti wanita hamil. Sedang virus herpes ditularkan lewat hubungan badan. Bentuknya seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling liang vagina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas.

Keletihan berlebih
Keputihan tidak bisa dipungkiri salah satunya oleh kondisi fisik wanita yang terkuras energi maupun psikisnya sebab mengerjakan pekerjaan berat atau aktivitas ekstra lainnya. Penyebab keputihan dari keletihan ditandai muncul hanya pada waktu kondisi tubuh sangat capek dan biasa lagi ketika tubuh sudah normal kembali.

 

Tips Ampuh Mengatasi Keputihan

  1. Bersihkan organ intim dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina.
  2. Gunakan celana dalam yang kering. Seandainya basah atau lembab, usahakan cepat mengganti dengan yang bersih dan belum dipakai. Tak ada salahnya Anda membawa cadangan celana dalam tas kecil untuk berjaga-jaga manakala perlu menggantinya.
  3. Gunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat, seperti katun. Celana dari bahan satin atau bahan sintetik lain membuat suasana disekitar organ intim panas dan lembab.
  4. Pakaian luar juga perlu diperhatikan. Celana jeans tidak dianjurkan karena pori-porinya sangat rapat. Pilihlah seperti rok atau celana bahan non-jeans agar sirkulasi udara di sekitar organ intim bergerak leluasa.
  5. Ketika haid, sering-seringlah berganti pembalut. gunakan panty liner disaat perlu saja. Jangan terlalu lama. Misalkan saat bepergian ke luar rumah dan lepaskan sekembalinya Anda dirumah.

Pada umumnya adalah ingat selalu menjaga istirahat, kurangi makanan yang mengandung minyak, tepung, serta makanan ‘sampah’ lainnya. Makanan yang benar menjaga vitalitas tubuh dan kesehatan seluruh organ yang ada ditubuh semuanya. Semoga artikel Apa Keputihan Cairan Putih Di Kemaluan Terasa Gatal dan Berbau bisa menginspirasi anda. Makasih.

Tema Diskusi:

vagina terasa gatal, vagina berair, vagina gatal dan berair, keputihan gatal dan berair, penyebab vagina terasa gatal

5 comments

  1. diyah

    Hello
    Saya diyah, saya ibu dari anak perempuan berumur 3,5 tahun bernama naeema

    Beberapa waktu lalu saya mendapati naeema mengeluh sakit dan gatal di bagian kemaluannya dan di celananya pun ada noda kecokalatan, lalu saya membasuh bersih kemaluannya dan di keringkan agar tidak lembab dan sudah ga terasa gatal lagi, boleh kasih info untuk kasus seperti anak saya ini kenapa, sebabnya apa dan bagaimana mannggulanginya/ perawatannya

    Di tunggu infonya

    Best regards

    Diyah

    • Anjrah Susanto
      Author

      Malam bu diyah, kalau dari sisi pandang pengobatan tradisional, Itu kayaknya krn lembab…cek makanan minuman, lingkungan….jangan terlalu banyak makanan minuman instan, susu, buah yg berair dan lembek…sementara beri rebusan air sirih 1 buah dgn air 1 gls…minum 3x 1 sdk makan tambah madu….sisa air sirih tambah garam dan buat cebok. :) semoga bermanfaat.

  2. Yayu ratna sari

    Siang dok,,begini saya mw tanya
    saya pemakai viex-V,bysax nga ap sch,,n alhamdulilah rsa gtal n keputihan saya sembuh,saya memake viex-V t kdang 3 kali shri,
    tp bru beberapa hri nie ktka saya berhubngn rsax kemaluan saya sakit n stlh 2 hrix ko gatal2 n kya kluar cairn,,kdang2 jga perih rsax.
    T gmna ya dok??

  3. Eka Oktafia

    Dokter saya ibu eka saya punya anak umur 5 thn, sdh hampir 2 bulan ini setiap mau mandi saya liat celana dalamnya selalu ada noda berwarna kuning bahkan kadang2 kehijau2an dan (maaf) berbau sangat tidak sedap dok. Tpi dia gak prnh mengeluh gatal. Saya bingung dok kenapa dengan anak saya. Saya takut dok dan bingung mau periksa kemana. Ke dokter anak atau ke dokter kulit kelamin… tolong infonya dok dan penjelasannya kenapa dengan anak saya. Terima kasih dokter sebelumnya

  4. Selamat mlm saya ingin bertanya knp istri saya mengeluh d perut sakit n d vagina nya kluar cairan putih n berbau setelah berhubungan intim dngan saya?makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>