aturan minum air menurut pakar herbal

aturan minum air | Meminum air ternyata ada aturannya. Cara salah minum atau waktu minum bisa menganggu proses metabolisme dalam tubuh. Ya disatu sisi malah kita lebih baik kekurangan makan daripada kurang minum, sebab tubuh membutuhkan air sangat besar dalam proses-prosesnya. kalau sampai kekurangan air maka jelas-jelas banyak proses pengolahan ditubuh, transportasi nutrisi makanan, sampai proses pembuangan sisa metabolisme terganggu.  maka gimana sih aturan minum air yang benar?

 

aturan minum air| Mengapa kita  dilarang minum saat makan atau langsung sesudah makan?

Kebanyakan kita tidak mengerti kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk minum. Meminum saat makan atau langsung sesudah makan menganggu kinerja enzim-enzim pencernaan. Atau ada juga yang makan sambil minum bak digontor saja, makanan itu baru saja di mulut lalu disiram air agar bisa masuk ke area pencernaan atau lambung.

 

Sebagaimana kita ketahui makanan saat dimulut, dikunyah, skaligus itu juga bercampur dengan enzim amilase yang memudahkan penghancuran makanan serta menyempurnakan pengolahannya dalam lambung. Pada saat makananan akan ditelan, makanan pun bercampur dengan gastric juice, cairan yang diproduksi oleh lambung,berguna untuk penyempurnaan makanan. Maka cermati aturan minum air putih yang benar.

 

Perilaku minum saat makan atau sesaat sesudah makan selesai  menjadikan makanan yang sudah bercampur dengan enzim-enzim diatas  terpisah sehingga proses pengolahan makanan jadi  terganggu dan berjalan tidak sempurna. Ketika pengolahannya tidak sempurna maka penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak maksimal serta pembuangan sisa olahan tubuh jadi terhambat yang ditunjukan dari munculnya beberapa gejala penyakit seperti perut kembung dan konstipasi.

 

aturan minum air| Lalu kapan tepatnya kita minum?

Dr. Husen A. Bajry, MD., PhD. seorang pakar pengobatan natural menyarankan waktu minum yang tepat adalah 2  jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Bisa pula diantara makan pagi dan makan siang atau diantara makan siang dan makan malam dengan takaran sekali minum maksimal ½ gelas air. Waktu khusus yang disarankan minum dalam jumlah banyak adalah saat bangun tidur, 2 jam sesudah  makan, 2 jam sebelum makan, dan 2 jam sebelum tidur.

 

Menurut aturan minum air, Tidak disarankan membiasakan minum menjelang tidur. Kebiasaan minum sesaat menjelang tidur membuat istirahat ginjal terganggu. Banyaknya cairan yang masuk pada malam hari akan memaksa ginjal bekerja keras kala dia harus istirahat dari rutinitas kerja di siang hari. Bukan hanya itu, tidurpun akan terganggu sebab munculnya buang air kecil diperiode tidur malam kita. Padahal periode tidur malam merupakan saat perbaikan jaringan sel yang rusak. Kualitas tidur yang baik jelas mempengaruhi kualitas kesehatan kita.

 

Ya demikianlah panduan aturan minum air putih. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA ATURAN MAKAN YANG SEHAT

Sumber: Bajry, Husen. A. 2008. Be your own doctor! Tubuh anda adalah dokter yang terbaik. Bandung:Hayati Qualita

Tema Diskusi:

gagal ginjal menurut pakar herbal dr agus rahmadi, makanan untuk gagal ginjal menurut dr agus rahmadi pakar herbal, cara minum digontor, dr husen bajry cara makan, Manfaat Air Putih Dan Tata Car Meminumnya

2 comments

  1. Pingback: campur bawur|Tata cara makan yang baik post

  2. Pingback: 9 Manfaat Sehat Meminum Air Putih Secara Benar bebas aematopaises | Healthy Life Pasar Semarang [dot] Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>