Manfaat Adas Foeniculum vulgare Mill

Manfaat Adas| Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Menurut data indonesia mempunyai 11 % kekayaan spesies tumbuhan dunia. Ya yang nomor satu adalah negara brazilia. Nah, kali ini mari kita kupas sedikit saja mengenai manfaat adas Foeniculum vulgare Mill dalam kehidupan kita.

Manfaat adas ditinjau dari kandungan bahan kimianya

Adas mengandung minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1 – 6%, mengandung 50 – 60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin).


 

Manfaat adas dalam bentuk minyak

 

Adas menghasilkan minyak adas, yang merupakan basil sulingan serbuk buah adas yang masak dan kering. Ada dua macam minyak adas, manis dan pahit. Keduanya, digunakan dalam industri obat-obatan. Adas juga dipakai untuk bumbu, atau digunakan sebagai bahan yang memperbaiki rasa (corrigentia saporis) dan mengharumkan ramuan obat. Biasanya adas digunakan bersama-sama dengan kulit batang pulosari. Daunnya bisa dimakan sebagai sayuran. Perbanyakan dengan biji atau dengan memisahkan anak tanaman.

 

manfaat adas, Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian  bagi kesehatan

 

1. Komponen aktifnya, anisaldehida, meningkatkan khasiat streptomycin untuk pengobatan TBC pada tikus percobaan.

2. Meningkatkan peristaltik saluran cerna dan merangsang pengeluaran kentut (flatus).

3. Menghilangkan dingin dan dahak.

4. Minyak adas yang mengandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid berkhasiat menyejukkan saluran cerna dan bekerja menyerupai perangsang napsu makan.

5. Dari satu penelitian pada manusia dewasa, diternukan bahwa adas mempunyai efek menghancurkan batu ginjal.

6. Pada percobaan binatang, ekstrak dari rebusan daun adas dapat menurunkan tekanan darah. Namun, pengolahan cara lain tidak menunjukkan khasiat ini.

 

Manfaat Adas menanggulangi Batuk

Siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 g disedub dengan 1/2  cangkir air mendidih. Setelah dingin disaring, tambahkan 1 sendok  teh madu. Aduk sampai merata, minum sekaligus. Lakukan 2 kali        sehari, sampai sembuh.

 

Siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2   kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekan 10 kuntum,  bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang       jahe 1 jari, gula merah 3 jari, dicuci dan dipotong-potong  seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa  setengahnya. Setelah dingin disaring, lalu diminum. Lakukan 3 kali  sehari, masing-masing 1/2 gelas.

 

Demikian uraian manfaat adas (Foeniculum vulgare Mill) sebagai salah satu khasanah budaya pengobatan alami kita. Sebenarnya banyak sekali manfaat adas lainnya, hanya keterbatasan waktu kita saja yang belum maksimal mampu menguraikan manfaat adas lainnya.

Tema Diskusi:

khasiat adas pulosari, manfaat adas pulosari, anetol adalah, foeniculum vulgare ekstrak, manfaat obat om3heart

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *