Waspadai Lapisan Lilin Pada Buah Buahan Impor

Jalan-jalan ke wall facebook temen, nemu update status yang sebenarnya sudah pernah di bahas oleh tim investigasi berita yang ada di televisi. Temanya sama waktu itu, Waspadai Lapisan Lilin Pada Buah Buahan Impor. Cuman, akunya inget-inget lupa stasiun TV mana yang sudah menyiarkan permasalahan penggunaan lilin pada buah-buahan impor yang dengan sangat mudahnya bisa kita beli di pasar tradisional sampai swalayan.

Status facebook temen saya itu isinya, “Pakar Keamanan Pangan dan Gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Prof Ahmad Sulaeman, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai buah impor.  “Harga buah impor yang dijual di supermarket Ind onesia kadang lebih murah dibanding harga di negara asalnya. Hal ini tentu saja membuat kita heran sekaligus bertanya mengapa buah tersebut bisa dijual dengan harga murah?,” katanya melalui Kantor Humas IPB di Bogor, Rabu.

Ahmad Sulaeman menjelaskan lebih lanjut temuannya tentang buah impor ini. Ia mengemukakan bahwa satu terminal buah di Rotterdam Belanda yang luasnya hampir sama dengan Bandara Soekarno Hatta di Cengkareng terdapat gudang pendingin sebagai tempat menyimpan buah.
Buah dimaksud, kata dia, usia penyimpanannya ada yang mencapai dua tahun. Usia penyimpanan yang paling muda adalah enam bulan.apel mengkilap berlapiskan lilin

”Agar buah tahan di suhu dingin, tidak kering dan tidak keriput, maka kulit buah dilapisi lilin,” katanya. ”Dalam lilin itu juga ditambahkan fungisida agar buah tidak berjamur.”

Hasil dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa fungisida yang biasa ditambahkan adalah jenis fincocillin yang bersifat anti-androgenic. Sifatnya sama seperti DDT (Dichloro-Diphenyl-Trichloroethane). Anti-androgenic, kata Prof Ahmad, menimbulkan efek mandul pada serangga.

Ngeri ndak tuh?

Lalu bagaimana kiat mengantisipasinya? Ya jelas ndak usah beli buah-buahan impor. Beli saja buah-buahan hasil bumi indonesia itu sendiri, kalau perlu, beli yang organik dari petani organik yang reputasinya terjaga. Ya, memang sih beli buah dari petani sendiri juga obat-obatannya sudah sangat banyak mulai dari semprotnya, pupuknya, sampai kadang pengolahan pada waktu panennya.

Bedanya, ya insyallah lebih sedikit lah.  Utamakan mencuci bersih buah yang mau kita konsumsi. Pada buah-buahan yang bisa dikupas, katakanlah apel, kupas apel sebersih mungkin sehingga kita tidak perlu memakan lapisan lilin pada kulit luarnya.  Oke, mungkin gitu dulu, semoga artikel Waspadai Lapisan Lilin Pada Buah Buahan Impor bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Oya, pecinta bekam, kali butuh daftar alamat pengobatan bekam se Indonesia

Info TambahanAda lilin yang memang Aman untuk mengawetkan Buah-buahan

Tema Diskusi:

bahaya apel berlapis lilin, perbedaan buah berlapis lilin dan tidak, ciri buah buahan berbahaya, ciri ciri anggur yang tidak di lapisi lilin, harga buah impor murah apakah aman

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *