Khasiat Omega 3 Bagi Kesehatan Jantung

Salah satu pelajaran yang saya ingat pada waktu saya dulu mengikuti perkuliahan herbal Institute Latihan Herbal Al Wahida di semarang dulu adalah penggunaan omega 3 bagi kesehatan jantung. Pada waktu itu seingat saya dijelaskan dahulu bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh utama penduduk dunia.  Tiap tahun selalu bertambah ‘korbannya’ sehingga sampai banyak muncul gerakan dunia juga di indonesia demi penjagaan kesehatan jantung milik kita satu – satunya itu.

Spesifiknya, omega 3 berfungsi memberikan efek pencegahan sekaligus terapi pada kasus penyempitan dan ‘pembekuan’ pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol jahat yang ada ditubuh. Lah posisi omega 3 berguna saat darah sudah cenderung ‘kental’ sedangkan elastisitas pembuluh darah sudah berkurang sebab banyaknya ‘proses pembekuan’ ulah kolesterol jahat dalam tubuh.

Jantung itu Ibarat Mesin Pompa Air

Bisa dibayangkan bila pembuluh darah sudah tidak lagi elastis, pasokan darah yang mengalir didalamnya kental, sedangkan jantung terus memompa dengan demikian ‘kuatnya’ maka memungkinkan terjadi dua hal: Pecahnya pembuluh arteri maupun jantungnya yang ‘kalah’ sebab terlalu lelah memompa darah yang ‘kental’. Jelas beda ketika jantung memompa darah yang ‘encer’ dibandingkan memompa darah yang ‘terlalu kental’.

Sederhananya,  Silakan eksperimen saja menggunakan mesin pompa air.  Pompa airnya diberikan air yang dikentalkan dengan campura lumpur (misalnya), lalu kita perhatikan gimana kinerja mesin pompa air itu. Kalau kuat mesin pompanya, jelas dia mengalirkan air yang kental itu memerlukan tenaga yang sangat besar. Kalau mesin kuat, airnya bisa mengalir namun pipanya tidak kuat menahan ‘tekanan’ yang ada di dalam, tidak heran ketika pipanya malah yang pecah.

Konsumsi Omega 3 sebagai ‘Pengencer Darah’

Hasil akhir perbincangan dalam sesi kuliah herbal itu menyatakan bahwa dalam kasus-kasus jantung, disarankan memasukan kapsul omega 3 sebagai salah satu resepnya. Terutama pada pasien yang memang memiliki kadar kolesterol tinggi, muncul kemungkinan arteriosklerosis, perawatan setelah stroke, dan penjagaan agar jantung tetap sehat bisa mengonsumsi omega 3 yang biasanya dari ikan salmon secara rutin.  Simak juga kandungan ilmiah minyak omega 3 dari ikan salmon yang sudah saya kupas lebih dahulu. Semoga bermanfaat :).

 

Tema Diskusi:

khasiat om3heart, om3heart omega 3, khasiat om3heart bagi tubuh?, manfaat om3heart omega3, om3heart jantung

Apa Pendapat Positifmu Mengenai Topik di Atas Kak?

Your email address will not be published. Required fields are marked *